Astronot NASA, Kate Rubins Lakukan Pemilu di Luar Angkasa

Annisa Fadillah . October 26, 2020

Foto : Fox News

Teknologi.id - Seorang astronot NASA, Kate Rubins, yang saat ini tengah bertugas di International Space Station mengumumkan dirinya telah melakukan voting untuk pemilihan umum presiden AS. Rubins, satu-satunya pemilih Amerika yang saat ini tidak ada di Bumi, mengatakan dia dapat memberikan suara dari stasiun luar angkasa tersebut sejak minggu lalu.

Berita ini juga dipamerkan pada akun sosial media twitter @NASA_Astronouts pada 23 Oktober kemarin. Rubins mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pemilihan, sambil tersenyum lebar dan menunjuk bilik suara yang ada di belakangnya.

Baca Juga : Gandeng Nokia, NASA Bakal Sediakan Layanan 4G di Bulan

Ini bukan pertama kalinya Rubins memberikan suara dari luar angkasa. Pada pemilu tahun 2016 waktu itu dirinya juga melakukan pemilihan di luar angkasa, karena kedapatan tugas penelitian di International Space Station. Saat ini, Rubin bersama dengan dua kosmonot Rusia akan menghabiskan kurang lebih enam bulan di luar angkasa sebagai bagian dari kru ekspedisi 63/64.

Menurut laporan NASA, Rubin beserta anggota tim tersebut akan meneliti penggunaan atom berpendingin laser untuk sensor kuantum masa depan dan melakukan eksperimen kardiovaskular dari stasiun luar angkasa.

Seperti bentuk lain dari pemungutan suara tanpa kehadiran, pemungutan suara dari luar angkasa dimulai dengan Aplikasi Kartu Pos Federal atau FPCA. Ini adalah formulir yang sama yang diisi oleh anggota militer saat bertugas di luar AS. Dengan menyelesaikannya sebelum peluncuran, anggota kru stasiun luar angkasa memberi sinyal niat mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan dari luar angkasa.

Para astronot akan menerima surat elektronik aman dari kantor Panitera Harris County di Texas, yang dihubungkan oleh Pusat Kontrol Misi Johnson ke anggota kru pemungutan suara. Setelah itu, e-mail dengan kredensial khusus anggota kru dikirim dari Panitera County ke astronot. Kredensial ini memungkinkan anggota kru untuk mengakses surat suara yang aman.

Astronot kemudian akan memberikan suara mereka, surat suara yang aman dan lengkap akan di-downlink serta dikirim kembali ke kantor Panitera melalui email untuk dicatat secara resmi. Petugas memiliki kata sandi sendiri untuk memastikan hanya mereka yang dapat membuka surat suara.

Baca Juga : NASA Bakal Kirimkan Astronot Perempuan Pertama Ke Bulan

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler