Apple Kenalkan HomePod mini, Speaker yang Ramah Lingkungan

Annisa Fadillah . October 14, 2020

Foto : Apple

Teknologi.id - Selain iPhone 12, Apple juga meluncurkan smart speaker terbarunya yang diberi nama HomePod mini. Seorang leaker populer, IceUniverse membagikan gambar desain dari Apple HomePod mini ini. Menariknya, ia membandingkan HomePod mini tersebut dengan buah apel sungguhan yang masih diselimuti bungkus berjaring.

Baca Juga : Spesifikasi iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max

HomePod original awalnya diumumkan di WWDC 2017 dan mulai dijual pada awal 2018, diposisikan sebagai speaker kelas atas yang berpusat pada Apple Music dan asisten suara Siri. Sejak itu, Apple telah menambahkan fitur tambahan ke HomePod. Namun, adanya versi HomePod mini ini mungkin akan lebih murah dan membantu perusahaan bersaing lebih baik dengan jajaran Amazon Echo dan produk baru seperti Nest Audio dari Google.

Foto : Apple

HomePod mini dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan dan mendukung rencana Apple untuk memiliki dampak iklim bersih di seluruh bisnisnya, yang mencakup rantai pasokan manufaktur dan semua siklus hidup produk, pada tahun 2030.

HomePod mini dibuat menggunakan 99% elemen yang didaur ulang, bahkan magnet neodymium di driver speaker juga memanfaatkan 100% elemen daur ulang.

Kain jaring tanpa sambungannya dibuat dengan lebih dari 90% plastik daur ulang, dan semua serat kayu kemasan berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab. HomePod mini juga bebas merkuri, PVC, dan berilium serta memiliki penghambat api brominasi.

Untuk menghasilkan suara yang besar dari desain yang begitu ringkas, chip Apple S5 di HomePod mini bekerja dengan perangkat lunak canggih untuk menganalisis karakteristik musik secara unik dan menerapkan model tuning yang kompleks untuk mengoptimalkan kenyaringan, menyesuaikan rentang dinamis, dan mengontrol pergerakan musik.

Driver full-range yang direkayasa Apple, didukung oleh magnet neodymium dan sepasang radiator pasif penghilang gaya, memungkinkan untuk memunculkan suara bass yang dalam dan frekuensi tinggi yang jernih.

“HomePod mini memiliki semua yang diinginkan pelanggan dalam smart speaker. Suara luar biasa untuk mendengarkan musik dan asisten cerdas kelas dunia akan memberikan pengalaman pribadi kepada setiap anggota rumah tangga, dan seperti setiap produk Apple, ini dirancang dengan privasi dan keamanan, ”kata Bob Borchers selaku Apple’s Vice President of Worldwide Product Marketing.

Foto : Apple

HomePod mini juga dapat digunakan untuk menerima panggilan masuk, mendengarkan musik di Mac, dan mendengarkan suara dari TV agar lebih jernih. Adapun fitur tambahan lainnya seperti :

  • Siri Shortcuts : membuat HomePod mini terkoneksi dengan iPhone dan iPad.
  • Ambient Sounds : menyediakan suara sekitar seperti suara hujan, perapian, aliran sungai, dan lainnya untuk menawarkan suara latar yang sempurna bagi pengguna yang ingin fokus, bersantai, atau tertidur.
  • Find My : membantu menemukan lokasi iPhone, iPad, iPod touch, Mac, atau Apple Watch yang salah dengan memutar suara untuk menunjukkan lokasinya.
  • Web Search : menawarkan fitur pencarian dari HomePod mini yang dapat dikirim langsung ke iPhone pengguna agar mudah dilihat.
  • Music Alarms : memungkinkan pengguna bangun dari tidur dengan mendengarkan lagu, daftar putar, atau stasiun radio favorit dari Apple Music.

Dilansir dari website resminya, para pelanggan di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Jepang, Spanyol, Inggris Raya, dan AS dapat memesan HomePod mini secara pre-order pada hari Jumat, 6 November mendatang, dengan ketersediaan produk ready-stock mulai tanggal 16 November. Sementara untuk China, Meksiko, dan Taiwan HomePod mini akan tersedia di akhir tahun ini. Dilansir dari The Verge, harga untuk HomePod mini ini adalah $99 atau sekitar 1,4 jutaan.

Baca Juga : Google Luncurkan Smart Speaker Nest Audio

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler