13 Wilayah di Indonesia akan gunakan jaringan 5G

Farabi Avicena . September 13, 2021


Foto: goodnewsfromindonesia.id

Teknologi.id – Jaringan 4G dalam beberapa tahun ke depan akan beralih ke jaringan 5G. Jaringan ini akan mulai sap digunakan bila sudah melewati uni coba dan izin resimi dari pemerintah setempat. alah satu jaringan seluler Telkomsel diketahui sedang melakukan proses Uji Layak Operasi (ULO) teknologi jaringan 5G, khususnya di Jakarta. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Rencananya, pada tahap awal Telkomsel akan menyediakan jaringan 5G di sejumlah lokasi kawasan Jakarta.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan daftar 13 wilayah akan mendapat jaringan 5G Pertama di Indonesia. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020-2024.


Foto: tokopedia.com

Dalam peraturan tersebut disampaikan bahwa penggelaran 5G akan dilakukan di 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa, Ibu Kota Negara, 5 destinasi wisata super prioritas dan 1 industri manufaktur. Sebanyak 11 lokasi ini ditargetkan sudah terkoneksi 5G pada tahun 2023, yakni 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa dan 5 Destinasi wisata super prioritas. Dua lokasi lain, yakni IKN baru industri manufaktur diharapkan selesai 2024. Adapun 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa yang akan memiliki jaringan 5G adalar, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sedangkan 5 destinasi wisata super prioritas yang memiliki 5G, yakni Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika. Sementara lokasi satu industri manufaktur yang ditargetkan belum diketahui secara pasti.

Kominfo mengatakan pemilihan lokasi 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena 6 lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan insfastruktur. "Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudahnya layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi-lokasi lain," kutip Permen Kominfo Nomor 2/2021. Jika tidak ada perubahan kebijakan dari Presiden RI terkait dengan timeline rencana pemindahan IKN, IKN telah 100 persen ter-cover jarigen seraf optik dan layanan mobile seluler 4G, serta siap mengimplementasikan teknologi 5G pada tahun 2024.

Google Meet Rilis Fitur Baru, Makin Cepat dan Ringkas

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler