Startup Edutech Indonesia Ini Mudahkan Belajar dari Rumah

Denna Bio Arli . January 13, 2021

Foto : Pexels

Teknologi.id - Sejak diberlakukannya kebijakan PSBB, aktivitas yang biasa kita lakukan di luar rumah menjadi terbatas. Tidak hanya bekerja dan berbelanja, kegiatan sekolah pun juga dibatasi.

Belajar dari rumah sudah menjadi kebiasaan baru bagi kita di masa pandemi ini. Meski di rumah, kegiatan belajar tetap bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Berikut beberapa startup edutech dari Indonesia yang bisa membantu kalian untuk tetap belajar di rumah dengan mudah.

1. Ruangguru

Foto : Ruangguru

Ruangguru merupakan startup edutech Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014. Salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang fokus pada layanan pendidikan ini telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna.

Hingga saat ini Ruangguru telah mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Ruangguru menyediakan berbagai macam layanan pendidikan yang dapat dengan mudah kita akses, diantaranya ruangbelajar, ruangbelajar Plus, ruangles, ruanglesonline, ruanguji, ruangkelas, ruangbaca, Brain Academy Online, English Academy, Skill Academy, dan ruangkerja. Melalui berbagai aplikasi dari layanan tersebut yang bisa kita unduh di smartphone, belajar dari rumah akan menjadi semakin mudah.

2. Zenius

Foto : Liputan6

Lembaga belajar online  live dan interaktif pertama yang ada di Indonesia ini didirikan sejak tahun 2007. Melalui aplikasinya yang bernama Zenius App, kita bisa belajar dengan lengkap, praktis di mana saja dan kapan saja.

Zenius tidak hanya menyediakan layanan bimbingan belajar untuk jenjang SD, SMP, dan SMA saja, namun juga menyediakan layanan belajar untuk UTBK. Demi mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini, Zenius juga meluncurkan sistem manajemen interaksi guru-siswa yang bernama Zenius untuk Guru. 

3. IndonesiaX

Foto : IndonesiaX

IndonesiaX merupakan platform berbasis online yang menyediakan kursus-kursus berkualitas yang dibawakan oleh para instruktur profesional.

Kursus yang bisa diakses secara gratis ini menyediakan berbagai bidang keahlian yang bisa dipelajari. Beberapa kursus bidang keahlian yang tersedia di platform ini adalah Business and Management, Communication, Computer Sience, Economics and Finance, Energy and Earth Science, Engineering, Environment, Health, Humanities, Law, dan Social Science.

Melalui website IndonesiaX kita dapat mengakses berbagai materi kursus yang terdiri dari video kursus, transkrip, tes, dan ujian akhir. Materi yang ada di website ini pun bisa kita unduh dan pelajari kapanpun dan di mana saja. 

Baca Juga : 4 Channel YouTube Indonesia untuk Belajar Programming

4. Bahaso

Foto : Bahaso

Platform belajar bahasa asing online ini didirikan pada Januari 2015 sebagai solusi untuk belajar bahasa asing secara efektif, efisien dan fleksibel. Melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone, kita dapat belajar bahasa asing melalui video, gambar, dan audio dengan mudah. Selain itu dengan adanya kelas tutoring, memungkinkan kita dapat dibimbing langsung oleh tutor yang berpengalaman untuk persiapan IELTS dan TOEFL.

5. MejaKita

Foto : MejaKita

MejaKita merupakan salah satu platform pendidikan daring asal Indonesia. Platform ini menyediakan layanan yang memberdayakan siswa untuk berkontribusi dalam pelajaran.

Melalui Diskusi PR, kita bisa menanyakan hal-hal yang masih belum dipahami dan berdiskusi dengan siswa lainnya. Fitur Berbagi Catatan memungkinkan seluruh siswa di Indonesia untuk berbagi catatan pelajaran yang dimilikinya dan belajar bersama dengan siswa lainnya. Selain itu MejaKita juga menyediakan layanan UTBK, SBMPTN dan Tryout yang mudah diakses secara online. 

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Akun LinkedIn Supaya Dilirik Recruiters

(dba)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler