4 Channel YouTube Indonesia untuk Belajar Programming

Denna Bio Arli . January 12, 2021

Foto : Pexels

Teknologi.id - Bahasa pemrograman adalah instruksi standar yang digunakan untuk memerintah komputer. Bahasa ini digunakan untuk memerintah komputer supaya mengolah data sesuai dengan alur yang kita inginkan sehingga dapat menghasilkan sebuah program atau aplikasi. Proses seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program di komputer inilah yang dinamakan programming. Kode-kode tersebut dapat ditulis dengan berbagai jenis bahasa pemrograman. 

Dengan mudahnya akses terhadap berbagai informasi yang ada pada era digital ini, memungkinkan kita untuk belajar programming dari berbagai sumber. Salah satu sumber terjangkau yang bisa kita jadikan media belajar adalah YouTube.

Ada banyak YouTuber dari segala penjuru dunia yang menawarkan segala jenis konten belajar bermanfaat, salah satunya programming. Berikut rekomendasi channel YouTube Indonesia yang bisa kalian jadikan pilihan untuk belajar Programming.

Channel YouTube Indonesia untuk Belajar Programming

1. Kelas Terbuka

Foto : YouTube

Channel YouTube yang memiliki jumlah 175 ribu subscribers ini menyajikan konten belajar programming setiap hari senin dan kamis. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang bisa pelajari melalui channel ini, mulai dari pemrograman dasar hingga pemrograman berorientsi project.

Bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari di channel ini diantaranya Python, Java dan C++. Sesi "Mendadak Streaming" yang ada di channel ini bisa memudahkan kita untuk bertanya melalui Q&A jika ada pertanyaan seputar programming.

2. Aden Rahmandi

Foto : YouTube

Channel YouTube Indonesia bernama Aden Rahmandi ini memiliki lebih dari 50 ribu subscribers. Channel ini memberikan berbagai macam konten bermanfaat yang berkaitan dengan teknologi seperti tips membuat website dan dan tutorial bermanfaat lainnya hingga tutorial membuat toko online sendiri. Bahasa pemograman yang bisa kita pelajari dari channel ini salah satunya adalah HTML.

Baca Juga : 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

3. Web Programming UNPAS

Foto: YouTube

Channel yang membagikan berbagai konten tentang teknologi ini memiliki subscriber sejumlah 380.000. Channel yang bernama Web Programming UNPAS ini membagikan konten berupa Web Design, Web Programming, Programming Tips dan Vlog.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Bagi para pemula yang ingin belajar programming, channel ini sangat cocok dijadikan pilihan karena kalian bisa mempelajari PHP, HTML dan CSS dasar melalui channel ini. Channel yang sampai saat ini telah memiliki lebih dari 400 video ini juga kerap memberikan tips dan trik seputar pemrograman.

4. Tech Tawar

Foto : YouTube

Channel yang bernama Tech Tawar ini membagikan konten tutorial yang beraneka ragam. Tidak hanya seputar programming saja namun juga tutorial bermanfaat lainnya seperti photoshop, blogger, dan power point.

Channel ini juga kerap membagikan video review suatu produk. Bahasa permrograman yang bisa kita pelajari dari channel ini diantaranya C# C-Sharp, HTML, CSS dan PHP. Channel yang memiiki 285 konten video ini dapat kalian manfaatkan tidak hanya untuk belajar programming saja namun konten teknologi lainnya. 

Baca Juga : FDR Black Box Sriwijaya Air SJ182 Berhasil Ditemukan

(dba)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler