Kolaborasi 3 Perusahaan untuk Bantuan Pemenuhan Gizi dan Pendidikan Anak di Indonesia

Platform Donasi Ayobantu . March 13, 2023

Kiri: Sumardi (Village Director SOS Children's Village Jakarta), kedua kiri: Hida Aldric (CEO Mashida), tengah: Oscar Darmawan (CEO Indodax), ketiga kanan: Felisia Yoshe (intern GK Hebat), kedua kanan: Agnes Yuliavitriani (CEO Ayobantu), kanan: Sumanda Tondang (Fund Development and Communication Department Director SOS Children's Village Cibubur), dan anak-anak asuhan SOS Children's Village Cibubur


Akibat pandemi Covid-19 yang melanda tanah air dalam waktu dua tahun terakhir, Kementerian Kesehatan RI memperkirakan adanya peningkatan jumlah bayi kurus menjadi 15 persen atau sekitar 7 juta di seluruh Indonesia.

Sedangkan di sektor pendidikan, Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 mencatat angka putus sekolah di Indonesia mengalami peningkatan sejak 2019. Ironisnya, hal ini terjadi di semua jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pemerintah terus mengupayakan untuk memberikan bantuan pemenuhan gizi dan pendidikan kepada anak-anak di Indonesia. Namun sayangnya, peran pemerintah saja belum cukup. Maka dari itu, perusahaan akselerator UMKM milik Kaesang Pangarep,GK Hebat, perusahaan berbasis blockchain, Mashida, bersama platform jual beli aset kripto, Indodax, bahu membahu menggalang bantuan kemanusiaan dan pendidikan melalui kampanye "Berbagi Cinta Untuk Anak Indonesia".

Ansari Kadir selaku CMO GK Hebat mengatakan, "Sejalan dengan misi pemerintah untuk meningkatkan gizi dan pendidikan anak-anak di Indonesia secara merata, kami berinisiatif untuk turut menjadi bagian dalam misi tersebut melalui Kampanye “Berbagi Cinta untuk Anak Indonesia”. Bersama Indodax dan Mashida yang memiliki visi yang sama, kami mengumpulkan bantuan secara kolektif yang akan disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan.”

Dalam eksekusinya, kampanye ini dijalankan bersama platform donasi online Ayo bantu dan SOS Children's Villages. Adapun bantuan yang diberikan terdiri atas bantuan uang tunai, paket nutrisi dan school kit, serta goody bag berisi paket produk UMKM yang berada di bawah naungan GK Hebat. Melalui kampanye ini, seluruh pihak yang terlibat berupaya untuk mendukung pemenuhan hak dasar bagi keberlangsungan masa depan anak-anak Indonesia yang telah kehilangan pengasuhan orang tua.

"Meningkatnya angka putus sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA mengingatkan kami untuk membantu mewujudkan masa depan anak-anak yang lebih cerah. Melalui program “Berbagi Cinta untuk Anak Indonesia”, kami berharap akan terciptanya pengasuhan anak yang berkualitas, terpenuhinya kebutuhan harian, serta pendidikan dan minat bakat mereka " ujar Hida Aldric selaku CEO Mashida.

Adapun sasaran atau penerima manfaat dari program ini adalah 81 anak yang berada di dalam pengasuhan alternatif berbasis keluarga (family-like care) yang berlokasi di SOS Children's Village Jakarta, Jalan Karya Bakti 1 Cibubur, Jakarta Timur 13720.

"Terima kasih kami ucapkan kepada para pihak seperti GK Hebat dan Mashida yang telah bersedia mengulurkan tangannya bagi anak-anak dibawah naungan pengasuhan SOS Children’s Villages. Program ini adalah sebuah cara untuk memastikan anak-anak yang kehilangan orang tua dapat memiliki rumah, ibu, kakak, dan adik selayaknya sebuah keluarga. Karena kami percaya, tidak ada lagi pengasuhan terbaik bagi anak selain pengasuhan dari keluarga. Bantuan yang diberikan oleh Indodax, GK Hebat, dan Mashida ini nantinya akan dimanfaatkan untuk kebutuhan harian anak-anak dan membantu pendidikan mereka sehingga mereka mampu mewujudkan masa depan yang cerah" kata Sumardi, Village Director SOS Children’s Village Jakarta.

SOS Children's Villages sendiri merupakan lembaga non profit internasional yang memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua. SOS sendiri telah berdiri sejak tahun 1972 di Indonesia dan mempunyai lokasi kerja di 11 kota di Indonesia, yaitu Lembang, Jakarta, Semarang, Bali, Flores, Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Bogor, Yogyakarta, dan Palu. Dalam rangka memastikan setiap anak mendapat pengasuhan terbaik di lingkungan keluarga, SOS Children's Villages menjalankan dua program utama yaitu Family Like Care (FLC) dan Family Strengthening Program (FSP).

Menanggapi kepercayaan yang diberikan para #BrandPeduli, Ayobantu selaku platform penggalangan donasi akan terus berupaya menjaga amanah untuk memberikan bantuan kepada anak-anak yang membutuhkan.

"Kami sangat bangga dapat menjadi perpanjangan tangan pihak yang ingin berbagi kepada yang membutuhkan yaitu GK Hebat, Mashida, dan Indodax. Melalui kepedulian yang dilakukan #BrandPeduli kami berharap dapat membantu anak-anak yang membutuhkan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak," tandas CEO Ayobantu, Agnes Yuliavitriani.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Platform Donasi Ayobantu

Ayobantu

Tinggalkan Komentar

0 Komentar