Robot Ini Bisa Mendeteksi Benda Transparan dengan Kamera dan AI

Indah Mutia Ayudita . July 16, 2020

Robot yang bisa mendeteksi benda transparan. Foto: Carnegie Mellon University

Teknologi.id - Tak bisa dipungkiri, banyak robot bisa digunakan untuk mengangkat benda dengan cukup baik. Namun, mereka masih belum bisa mendeteksi benda-benda transparan atau yang memantulkan cahaya.

Hal ini karena kedalaman sistem kamera yang memancarkan sinar infrared untuk mendeteksi bentuknya. Sinar infrared bekerja dengan baik pada benda-benda yang tidak tembus cahaya.

Baca juga: Unik, Robot di Jepang Jadi Cheerleader Pertandingan Bisbol

Namun, pada benda transparan, sinarnya akan menembus dan tersebar pada titik reflektif lain, membuatnya sulit untuk memperkirakan bentuk benda.

Peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan solusi sederhana untuk ini: tambahkan penggunaan warna kamera. Sistemnya mengombinasikan kamera dengan algoritma machine learning untuk menentukan bentuk berdasar warna.

Tim peneliti melatih sistem dengan kombinasi kedalaman gambar antara objek yang berwarna (tidak transparan) dan warna gambar dari barang yang sama. Hasilnya, robot bisa mendeteksi bentuk gambar 3 dimensi dan menentukan titik terbaik untuk 'mengambilnya'.

Baca juga: Institut Teknologi Massachusetts Ciptakan Robot Bersenjata Sinar UV untuk Bunuh Virus Corona

Robot yang dibuat peneliti Carnegie Mellon University bisa mengambil barang-barang yang bekilau dan transparan, meskipun barang tersebut berada di tumpukan barang lain yang berantakan.

David Held, Asisten Profesor di Insitut Robotik Canegie Mellon University mengaku sistemnya masih jauh dari kata sempurna. "Kadang robot kami mengalami kegagalan, namun seringkali sudah bisa berjalan dengan baik. Jauh lebih baik daripada sistem sebelumnya untuk mendeteksi objek transparan atau reflektif,"

(im)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler