Robert Nay, Bocah 14 Tahun Pembuat Puzzle Game dengan Prinsip Fisika

Teknologi.id –¬†Sebuah puzzle game bernama Bubble Ball, dirilis pada 22 Desember 2010 dengan unduhan sebanyak 2 juta kali dari Apple iTunes dengan pendapatan sebesar $2 juta atau Rp 18 Miliar. Game itu diciptakan oleh Robert Nay, yang ketika itu hanya seorang bocah berusia 14 tahun asal¬†California, Los Angeles, Amerika Serikat.

Perkembangan yang melesat jauh setelah pada 8 Januari 2011 Ansca Mobile sebuah Software Development Kit yang digunakan Nay, memilih Bubbble Ball sebagai aplikasi di minggu itu. Sejak itu Bubble Ball sukses mengalahkan Angry Birds dari list game gratis nomor 1 di App Store.

Nay mengawali dunia programmingnya di kelas 3 SD setelah membuat sebuah halaman situs. Dengan bakat yang semakin muncul dan dukungan teman-temannya akhirnya ia bertekad membuat game karyanya. Dengan uang dari orang tuanya sebesar $1.200 untuk membeli komputer Macbook serta software yang ia perlukan sebagai modalnya saat itu.

Butuh waktu sebulan

Ia mempelajari sebuah buku program dari sebuah perpustakaan umum. Buku itulah yang akhirnya menolong Nay untuk menyederhanakan sistem pemrograman game yang dirancangnya itu. Dengan perjalanan 1 bulan lebih, Nay menyelesaikan keseluruhan programnya dengan 4.000 baris lebih kode program.

Permainan ini membutuhkan strategi yang melibatkan prinsip-prinsip fisika yang menentukan lintasan bola berbentuk gelembung di sekitar layar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan bendera finish-line. Game ini cocok untuk kalian para penggemar puzzle game dan ingin melakukan penjelajahan di banyak level.

Pada setiap level, kita diberi berbagai alat dan potongan sebelum menekan tombol Start. Selain papan dan ramp yang dapat dibuat dengan satu set potongan geometris, ada ketapel, akselerator dan inverter gravitasi, yang harus diposisikan dengan hati-hati untuk memastikan bola sampai ke garis finish.

”You can do amazing things if you just try.”

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *