Peneliti Ciptakan Alat Pembuat Air Paling Murni di Dunia

Kemala Putri . September 22, 2018
Teknologi.id - Seberapa bersih air yang ada di sekitar Anda? Jika Anda berpikir itu sudah cukup bersih, mungkin Anda harus melihat ciptaan para peneliti Universitas Teknologi Wina. Para peneliti tersebut menyebut telah menciptakan alat yang menghasilkan setetes air paling bersih di dunia. Air ultra murni ini membantu menjelaskan bagaimana permukaan yang dilapisi dengan titanium dioksida (TiO2) bisa membersihkan diri. Permukaan dengan lapisan tersebut menjadi tertutup lapisan misterius molekul ketika bersentuhan dengan udara dan air. "Kami memiliki empat laboratorium (di seluruh dunia) yang mempelajari ini dan empat penjelasan berbeda untuh hal itu," ungkap Ulrike Diebold, penulis penelitian. Diebold menjelaskan, saat permukaan TiO2 terkena sinar ultraviolet mereka bereaksi dengan cara "memakan" setiap senyawa organik pada permukaan itu. Hal ini memberi permukaan tersebut sejumlah sifat yang berguna, seperti cermin berlapis TiO2 yang akan mengusir uap air bahkan di kamar mandi penuh uap. Diebold juga menjelaskan, meninggalkan benda ini di ruang terlalu lama bisa membentuk kotoran-kotoran misterius. Penjelasan paling masuk akal melibatkan semacam reaksi kimia dengan uap air. Selain itu, menciptakan tetesan air yang sangat bersih merupakan tantangan. Apalagi air sangat mudah terkontaminasi oleh kotoran dan air yang benar-benar murni tidak ada. Untuk itu, yang bisa dilakukan adalah membuat air yang sedekat mungkin dengan air murni.

Perangkat khusus

Diebold membuatnya dengan cara merancang perangkat khusus yang mendorong air sampai batasnya. Dalam perangkat tersebut ada ruang hampa dengan "jari" yang menggantung dari langit-langitnya dengan suhu minus 140 derajat Celcius. Para peneliti kemudian melepaskan sampel uap air yang dimurnikan dari ruang di dekat vakum. Hal ini membuat air membentuk es di ujung jari itu. Selanjutnya, es itu dibiarkan meleleh dan menetes ke sepotong TiO2 di bawah sebelum dengan cepat menguap ke ruang ultra-rendah. Setelah itu, TiO2 tidak menunjukkan tanda-tanda dari film molekuler yang diduga beberapa peneliti berasal dari air. Inilah yang kemudian dilaporkan dalam jurnal Science.

Alat pembuat air murni. Kredit : kompas.com