NASA: Indonesia Masuk Wilayah Gravitasi Paling Kuat di Bumi

Teknologi.id . November 24, 2021

Foto: NASA

Teknologi.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan fakta baru bahwa Indonesia menjadi salah satu wilayah yang memiliki gravitasi paling kuat dari seluruh wilayah di planet Bumi.

Melalui sebuah animasi 3D, NASA menunjukkan perbedaan tingkat gravitasi di seluruh planet Bumi. Seperti diketahui, gravitasi ditentukan oleh massa dan karena massa Bumi tidak terdistribusi secara merata di seluruh planet, gravitasi juga cenderung berubah seiring waktu.

Dalam gambaran NASA tersebut, Indonesia termasuk salah satu wilayah yang gravitasinya paling kuat di seluruh dunia. Selain Indonesia, sejumlah negara lain seperti Chile, Turki, Selandia Baru, serta sebagian wilayah Amerika Selatan dan Himalaya juga menjadi wilayah yang memiliki gravitasi paling kuat.

Baca juga: NASA akan Buat WiFi di Bulan, ini Tujuannya

NASA memanfaatkan Gravity Recovery and Climate Experiment (GRACE) untuk membantu para ilmuwan melihat tingkat tarikan gravitasi di seluruh planet Bumi.

Berdasarkan data yang dikumpulkan menggunakan GRACE, terungkap adanya variasi mengejutkan dalam medan gravitasi Bumi yang diekspresikan dengan warna-warna berbeda.

Warna-warna tersebut menyoroti anomali gravitasi yang diukur dengan GRACE. Bagi yang belum tahu, gravitasi didefinisikan oleh nilai gravitasi untuk Bumi "ideal" yang mulus sempurna, sedangkan anomali gravitasi adalah pengukuran untuk penyimpangan gravitasi dari standar.

Area berwarna merah menyoroti gravitasi yang lebih kuat dari nilai ideal dan halus, sedangkan biru menyoroti area dengan gravitasi yang lebih lemah dibandingkan dengan ideal.

Baca juga: Begini Cara Kirim Chat WhatsApp Saat HP Mati Tanpa Internet

Dalam animasi Globe 3D yang bergerak menunjukkan daerah tinggi di barat laut Amerika Selatan memiliki tarikan gravitasi yang lebih kuat dibandingkan dengan wilayah lain seperti selatan India yang berangsur-angsur menjadi lebih biru saat mencapai tepinya mengisyaratkan gaya gravitasi yang lebih rendah di wilayah tersebut.

Namun, di utara India, Himalaya menandai wilayah merah gelap lainnya. Sejumlah negara yang ditandai merah lainnya antara lain Chile, Turki, Selandia Baru, dan Indonesia juga termasuk salah satu wilayah yang memiliki gravitasi paling kuat di Bumi.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler