NASA akan Buat WiFi di Bulan, ini Tujuannya

Fabian Pratama Kusumah . October 19, 2021

Foto: Space

Teknologi.id - Badan Antariksa Amerika (NASA) berencana akan membuat jaringan Wi-Fi yang berada di Bulan.

Hal ini bertujuan membantu misi Artemis berjalan dengan lancar tanpa hambatan, dan menjangkau wilayah di AS yang belum terjamah koneksi internet andal.

Program Artemis yaitu bertujuan mendaratkan manusia di Bulan untuk pertama kalinya sejak 1972.

Rencananya akan meluncurkan misi tanpa awak di sekitar Bulan pada tahun 2021, diikuti oleh terbang lintas awak di Bulan pada 2023, kemudian pendaratan di Bulan pada 2024.

Langkah NASA untuk menciptakan jaringan Wi-Fi di Bulan diungkapkan dalam sebuah studi baru badan tersebut yang dilakukan oleh Compass Lab NASA.

Tentu saja program ini bukan tanpa alasan, NASA bertujuan agar komunikasi antar awak, pesawat dan peralatan lainnya di Bulan dan Bumi berjalan lancar.

"(Karena) awak, penjelajah, instrumen sains, dan peralatan pertambangan, akan membutuhkan tautan komunikasi yang andal ke basecamp Bulan atau Artemis dan akhirnya kembali ke Bumi,"

Ujar pimpinan Compass Lab di NASA Glenn, Steve Oleson sebagaimana dikutip dari Business Insider, Senin, 18 Oktober.

NASA juga menyatakan, ketidaksetaraan digital dan kurangnya akses ke layanan internet yang memadai adalah masalah sosial ekonomi di seluruh AS.

Hal itu juga diperburuk oleh situasi pandemi COVID-19. Menurut sebuah laporan oleh National Digital Inclusion Alliance, sekitar 31 persen rumah tangga di Cleveland tidak memiliki akses broadband.

Berangkat dari temuan ini, Greater Cleveland Partnership, sebuah organisasi pengembangan ekonomi, bersama Pusat Penelitian Glenn NASA menganalisis hambatan teknis ketidaksetaraan digital.

Serta melihat apakah ada peluang untuk menggunakan Bulan guna memecahkan kesenjangan digital Bumi.

Untuk menilai bagaimana jaringan seperti itu terlihat di Bulan, tim Compass Lab di Glenn Research Center NASA mengevaluasi bagaimana jaringan terestrial dapat beroperasi di lingkungan terdekat Cleveland.

Baca juga: Mau ke Luar Angkasa Naik Balon Udara? Ini Harganya

Studi mereka membandingkan area permukaan Bulan dengan area di sekitar Cleveland untuk mengatasi tantangan teknis yang terkait dengan konektivitas Wi-Fi di area lokal.

Meskipun peralatannya akan berbeda karena perbedaan lingkungan Bumi dan Bulan, frekuensi Wi-Fi bisa sama seperti di Bumi.

Dilansir dari VOI, ilmuwan menemukan bahwa memasang router Wi-Fi ke sekitar 20.000 tiang utilitas di Cleveland dapat menyediakan akses internet ke setiap rumah tangga di lingkungan tertentu.

Dengan menempatkan router tidak lebih dari 100 yard terpisah, rumah yang berisi empat orang bisa mendapatkan sekitar 7,5 megabit per detik kecepatan unduh.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler