Dinosaurus Baru yang Terkait dengan T.rex Ditemukan di Pulau Wight

Indah Mutia Ayudita . August 13, 2020

Foto: DARREN NAISH

Teknologi.id - Dinosaurus spesies baru ditemukan di pulau Wight. Para paleontologis di Universitas Southampton meyakini bahwa 4 tulang belulang yang ditemukan di Shanklin tahun lalu merupakan spesies dinosaurus baru.

Diperkirakan dinosaurus tersebut hidup pada era Cretaceous, 115 juta tahun yang lalu dengan ukuran sekitar 4m.

Dinosaurus ini dinamakan Vectaerovenator inopinatus dan termasuk ke dalam golongan Tyrannosaurus rex (T.rex) dan burung modern yang ada sampai saat ini.

Baca juga: Bagaimana Pengidentifikasi Musik Bekerja?

Vectaerovenator inopinatus dinamakan berdasarkan ruang udara luas yang ditemukan pada beberapa bagian tulangnya, dari leher, bagian belakang, sampai bagian ekor. Ciri-ciri ini juga yang membantu para ilmuwan mengklasifikasikannya ke dalam kelompok theropod.

Ruang udara yang ditemukan berfungsi seperti kantung udara milik burung yang ada sekarang, digunakan sebagai wadah cadangan udara ketika sedang terbang.

4 jenis fosil yang ditemukan di Pulau Wight. Foto: Universitas Southampton

Fosil-fosil ini ditemukan di tempat yang berbeda pada tahun 2019 dan langsung diserahkan ke museum dinosaurus di Sandown. Salah satu penemunya adalah Robin Ward, seorang pemburu fosil yang sedang mengunjungi pulau tersebut. Penemu lainnya adalah James Lockyer dari Spalding dan Paul Farrell dari Ryde yang juga mengunjungi pulau tersebut.