BIOFASE, Inovasi Sedotan Ramah Lingkungan dari Biji Alpukat

Sedotan Biofase. Foto: Miifotos

Teknologi.id – Sebuah perusahaan yang berbasis di Morelia, Meksiko, membuat sedotan ramah lingkungan yang dapat terbiodegradasi dari limbah agroindustri.

Disebut BIOFASE , bisnis ini menggunakan biji alpukat untuk membuat alat makan dan sedotan yang mengandung 70 persen konten biomassa. Produk ini sangat kuat, cocok untuk makanan panas dan dingin, produk ini adalah yang pertama dibuat dari sumber yang sepenuhnya terbarukan dan berkelanjutan.

Meksiko menghasilkan 300.000 pon alpukat , atau sekitar 50 persen dari pasokan dunia. BIOFASE menggunakan 15 ton biji alpukat sehari untuk memasuki pasar global untuk bioplastik yang diperkirakan bernilai $ 5,8 miliar pada tahun 2021, menurut Bioplastics News.

Baca juga: Kenapa Sedotan Plastik Berbahaya bagi Lingkungan?

Teknologi plastik yang berasal dari alpukat mulai dikembangkan pada tahun 2012 oleh Scott Mungía, yang sedang mempelajari teknik kimia pada saat itu dan mencari cara untuk memerangi polusi plastik .Dia menguji sifat-sifat bahan baku seperti  mangga dan biji sapote mamey, buah krem ​​dan manis yang berasal dari Meksiko.

Setelah memutuskan alpukat sebagai bahan utama, Mungía menghabiskan 1,5 tahun mencari cara untuk mengekstrak senyawa molekuler dari biji alpukat.

Dari hasil ekstraksi kemudian didapat biopolimer, yang ke dapat dicetak menjadi berbagai produk.

Baca juga: Tips Jadi Orang Paling Tajir: Daur Ulang Semua Sampah Plastik di Bumi 

Peralatan makan dari biji alpukat ini dapat terurai. Hanya membutukan waktu 240 hari saja setelah pemakaian dan terpapar dengan unsur lain atau terkubur di dalam tanah.

Proses penguraian akan lebih cepat dibanding botol plastik yang membutuhkan waktu 450 tahun untuk terurai.

Sedangkan, kantong plastik membutuhkan waktu 10 hingga 1.000 tahun untuk rusak.

Dengan tim yang terdiri dari 14 karyawan, BIOFASE memproduksi 130 ton produk plastik biodegradable di pabrik Morelia setiap bulan. Pada bulan November, perusahaan berencana untuk membuka pabrik dengan kapasitas 700 ton per bulan.

Kamu dapat membeli alat makan dan sedotan dari biji alpukat BIOFASE secara online.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *