Tips Jadi Orang Paling Tajir: Daur Ulang Semua Sampah Plastik di Bumi

Tips Jadi Orang Terkaya di Bumi: Daur Ulang Semua Sampah Plastik di Planet Ini

Teknologi.id – International Statistic of the Year (Statistik Internasional Tahun Ini), sebuah event penghargaan yang diselenggarakan oleh The Royal Statistical Society (RSS) mengumumkan pemenang statistik tahun 2018 adalah 90,5%. Apa keistimewaan angka tersebut?

Angka tersebut merujuk pada jumlah sampah plastik di Bumi ini yang tidak pernah didaur ulang. Itu artinya hanya kurang dari 10 persen saja total sampah yang telah kita daur ulang selama ini.

Data statistik 90,5% ini menjadi populer karena sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dikutip dari National Geographic, ketua juri sekaligus Presiden RSS, Sir David Spiegelhalter, menyatakan: “Sangat memprihatinkan bahwa plastik yang didaur ulang amat sedikit jumlahnya, dan hal ini menghasilkan begitu banyak sampah plastik yang telah mencemari lingkungan dunia. Hal ini merupakan sebuah masalah yang benar-benar besar dan terus berkembang di dunia.”

Baca juga: Bagaimana Mengubah Sampah Plastik Menjadi Energi Ramah Lingkungan?

Sekitar 90,5% dari 6,3 miliar ton metrik plastik yang diproduksi sejak 60 tahun lalu, saat ini berserakan di planet kita. Itu berarti sebanyak 5,7 miliar ton plastik yang tidak didaur ulang berada di tempat pembuangan sampah, di dalam laut, ataupun telah dibakar. Bila cara mengelola plastik tidak berubah, diperkirakan pada 2050, jumlah sampah plastik akan meningkat menjadi 12 miliar ton metrik.

Diperkirakan pada 2050, jumlah sampah plastik akan meningkat menjadi 12 miliar ton metrik. Kredit: EatingWell

Berdasarkan sebuah studi pada 2015 yang dilakukan oleh ahli statistik Liberty Vittert sampai dengan 2018, terdapat kurang lebih 7,2 trilliun tas belanja dari sampah plastik yang tidak didaur ulang di Bumi saat ini.

Katakanlah bahwa satu kantong belanja plastik memiliki tinggi kurang lebih 1 kaki (30,48 cm) dan direntangkan satu sama lain, itu akan cukup untuk menempuh perjalanan bolak-balik dari Bumi ke Bulan sebanyak 5.790 kali!

Baca juga: Mungkinkah Plastik Dibuat dari Bahan yang Mudah Terurai?

Bahkan bila seseorang dapat menguangkan semua sampah plastik yang mencemari lingkungan kita, dia bisa memiliki cukup uang untuk membeli perusahaan-perusahaan terbesar dan menjadi orang paling kaya di Bumi!

Asumsikan bahwa biaya untuk membuat satu botol plastik adalah 3,25 sen dolar AS. Kemudian estimasi satu kantong belanja bila diisi penuh 31 botol plastik akan bernilai sekitar US$ 1. Maka, 7,2 triliun kantong belanjaan setara dengan US$7,2 triliun.

Hasil gambar untuk plastic
7,2 triliun kantong belanjaan setara dengan US$7,2 triliun. Kredit: LoopTT

Apa saja yang dapat dibeli dengan uang sebanyak itu? Apple, Amazon, Google, Microsoft, Walmart, Exxon, GM, AT&T, Facebook, Bank of America, Visa, Intel, Home Depot, HSBC, Boeing, Citigroup, Anheuser-Busch, semua tim NFL, semua tim MLB, serta semua tim sepak bola yang ada di Premier League!

Dengan kata lain, bila seseorang dapat mengumpulkan dan mendaur ulang semua sampah plastik yang belum didaur ulang di Bumi ini, maka orang tersebut akan menjadi orang yang paling kaya di planet ini!

(DWK)

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *