Antartika Mencair 6 Kali Lebih Cepat Dibanding Tahun 1979

Zhahra Sahira . January 16, 2019
Antartika Mencair 6 Kali Lebih Cepat Dibanding Tahun 1979
Sebuah tim ilmuwan internasional menuju stasiun Chile Bernardo O'Higgins, Antartika pada 22 Januari 2015.
Teknologi.id - Antartika mencair hingga 252 miliar ton es per tahunnya dimulai tahun 2009 sampai dengan 2017. Ini peningkatan 6 kali lipat yang peneliti temukan dari sekitar tahun 1979 hingga 1990, yang saat itu sekitar 40 miliar ton es setiap tahun. Tampaknya setelah perlahan-lahan naik antara tahun 1979 dan 2001, tingkat mencair esnya tiba-tiba melonjak sebesar 280% dimulai tahun 2001 dan 2017. Disebutkan bahwa peningkatan dari Antartika mencair ini menyebabkan permukaan laut naik setengah inci. Hal tersebut dikaitkan pada sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences. Dikutip dari laman IFLScience!, kumpulan tim ilmuwan internasional yang berasal dari University of California, Irvine (UCI), Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, dan Universitas Utrecht di Belanda melakukan “penilaian terpanjang dari sisa massa es Antartika”.

Baca juga: NASA Kembali Temukan Retakan Es Besar di Antartika

Tim tersebut melihat gambar udara dan satelit dari 18 wilayah Antartika, yang meliputi 176 cekungan dan beberapa pulau di sekitarnya. Hal ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana mereka telah berubah selama empat dekade terakhir. Mereka menemukan bahwa dari tahun 1979 hingga 1990, Antartika mencair dan kehilangan sekitar 40 miliar ton (44 miliar ton) es setiap tahunnya. Itu sudah merupakan hal yang banyak, namun dari 2009 hingga 2017 jumlah itu meningkat menjadi 252 miliar ton (278 miliar ton).

Kenaikan Permukaan Laut

Tim tersebut menemukan juga, bahwa es yang mencair ini menyebabkan permukaan laut di seluruh dunia naik sebesar 1,27 sentimeter (0,5 inci) selama beberapa dekade. "Itu hanya puncak gunung es, jadi untuk dibicarakan," kata pemimpin penulis Eric Rignot, seorang profesor di UCI dan ilmuwan proyek senior di JPL, dalam sebuah pernyataan. "Ketika lapisan es Antartika terus mencair, kami memperkirakan kenaikan permukaan laut multi-meter dari Antartika di abad-abad mendatang."

Baca juga: Pemanasan Global Sebabkan Meningkatnya Suhu Permukaan Laut dan Gelombang yang Lebih Kuat

Dan benua es ini bukan satu-satunya penyumbang masalah kenaikan permukaan laut. Penelitian yang baru-baru ini dibahas menemukan bahwa lautan kita memanas lebih cepat dari yang diperkirakan karena perubahan iklim. Dan, air yang lebih hangat berpengaruh naiknya lautan dan menyebabkan gelombang lebih kuat. Hal yang tak terduga kedua, para peneliti juga menemukan bahwa Antartika Timur adalah kontributor penting akan masalah mencairnya es. Sebuah studi dari tahun lalu menemukan sedikit atau tidak ada kehilangan es dari Antartika Timur, catat Associated Press. "Sektor Tanah Wilkes Antartika Timur, secara keseluruhan, selalu menjadi peserta penting dalam kehilangan massa, bahkan sejauh tahun 1980-an, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian kami," kata Rignot. "Wilayah ini mungkin lebih sensitif terhadap perubahan iklim daripada yang secara tradisional diasumsikan. Dan itu penting untuk diketahui, karena ia menyimpan lebih banyak es daripada Antartika Barat dan Semenanjung Antartika."