Korea Selatan Hampir Tembus 10 Juta Pengguna 5G

Annisa Fadillah . November 30, 2020

Foto : The Guardian

Teknologi.id - Jaringan 5G, yang juga menjadi ciri khas negara maju, sedang gencar dikembangkan oleh negara-negara di dunia. Berbagai perusahaan teknologi juga berlomba-lomba untuk merakit gadget yang kompatibel dengan jaringan 5G. Sekarang, sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa Korea Selatan mencatat hampir 10 juta pengguna 5G pada bulan Oktober 2020.

Menurut laporan TheKoreaHerald, Ministry of Science and ICT Korea Selatan mengungkapkan bahwa jumlah pelanggan 5G di negara mereka mencapai 9,98 juta hingga akhir Oktober 2020. Ini menandai peningkatan yang cukup besar, dimana jumlah tersebut meningkatkan sebanyak 735.113 pengguna dari bulan sebelumnya. Selain itu, pengguna 5G ini juga menyumbang 14,2% dari seluruh langganan seluler nasional, atau sekitar 70,4 juta unit.

Baca Juga : Nokia Siap Boyong Perangkat 5G Masuk Indonesia

Bagi mereka yang tidak sadar, Korea Selatan adalah salah satu negara pertama yang mengadopsi jaringan 5G. Korea Selatan telah memperkenalkan bandwidth yang lebih baru dan lebih cepat pada bulan April 2019. Sejak itu, negara tersebut telah menyumbang sebagian besar dari keseluruhan basis pengguna 5G global.

Lonjakan pengguna 5G di Korea Selatan juga bisa jadi diakibatkan karena Apple telah meluncurkan jajaran iPhone 12 pada Oktober lalu. iPhone 12 tersebut diketahui menjadi ponsel pertama yang meluncur dengan dukungan jaringan 5G. Masifnya penjualan iPhone 12 hingga saat ini, juga dapat membantu meningkatkan jumlah pengguna jaringan 5G di seluruh dunia. 

Saat ini, diperkirakan Apple telah menjual lebih dari 600.000 unit iPhone 12 di pasar Korea Selatan sejak diluncurkan. Peningkatan pengguna 5G juga menyebabkan penurunan yang stabil dalam langganan 4G. Saat ini, Korea Selatan memiliki 53,9 juta pengguna 4G. Angka tersebut turun sebanyak 397.118 pengguna dari bulan sebelumnya.

Mirip dengan Korea Selatan, China adalah salah satu dari sedikit negara lain yang telah mengadopsi jaringan 5G secara komersial dan merupakan satu-satunya yang mirip dengan Korea Selatan dari segi cakupan dan ketersediaan. Bahkan, saat ini China telah meluncurkan satelit 6G dan peluncuran tersebut menjadi yang pertama di dunia serta paling mengejutkan. Mengingat era 5G baru saja dimulai, tetapi China berhasil mengembangkan satelit 6G.

Baca Juga : Cina Luncurkan Satelit 6G Pertama di Dunia

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler