Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri dari Serangan Buaya?

cara menyelamatkan diri dari serangan buaya

Teknologi.id –¬†Selama bertahun-tahun, film Hollywood sering kali memperlihatkan manusia yang melakukan perlawanan terhadap sekawanan buaya. Sebenarnya, apakah mereka yang menyerang kita, atau kita yang malah menyerang mereka?

Dan jika kita benar-benar diserang, apa yang harus kita lakukan dan tidak kita lakukan? Terutama mengenai cara menyelamatkan diri dari serangan buaya.

Buaya sudah ada sejak 150 juta tahun yang lalu bahkan saat dinosaurus masih ada. Meski dinosaurus telah punah, hebatnya buaya masih tetap ada sampai sekarang.

Faktanya daerah tropis adalah rumah yang nyaman bagi buaya dan tidak jarang juga buaya melakukan serangan di sekitar habitat mereka.

Buaya dapat menjadi sangat berbahaya. Namun seperti di alam liar, jika kita tidak memancing perhatian, maka mereka pun takkan tertarik. Secara teknis buaya memanglah ganas, mengingat mereka adalah salah satu dari predator yang tertinggi.

Mereka adalah predator penyergap, seperti yang sering kita lihat bahwa buaya akan sembunyi-sembunyi untuk memantau mangsanya. Mangsa buaya biasanya adalah hewan yang sering berada di sekitar habitatnya, yaitu sungai, danau, atau rawa. Buaya secara perlahan-lahan akan menyelinap menuju mangsanya dan kemudian menerkam mereka.

Buaya sendiri biasanya akan tetap tenang selama kita tidak mengganggu dan menjaga jarak. Buaya betina yang biasanya bertugas menjaga sarang, saat ada yang mendekati sarangnya tentu saja buaya betina marah, dan akan mulai mengejar.

Saat buaya mulai mengejar, hal pertama yang harus kita lakukan adalah berlari sekuat tenaga. Buaya memanglah cepat, mereka bisa mengejar dengan kecepatan yang mencapai 29 Km/h. Namun, mereka tidak bisa bertahan terlalu lama.

Baca juga: Kenapa Kura-kura Bisa Hidup Hingga Ribuan Tahun?

Namun bagaimana jika sudah terlambat?

Jika buaya itu sudah mulai mengigit tangan kita, maka cara menyelamatkan diri dari serangan buaya ialah dengan melawan balik.

Kita harus melawan balik mereka, dengan mengerahkan seluruh tenaga yang kita miliki. Karena, kemungkinan besar hal itu akan membuat buaya melepaskan gigitannya dan mereka mulai sadar untuk tidak berurusan dengan kita.

Jangan pernah mencoba untuk berusaha membuka mulut buaya yang menggigit kita. Ingat kita sedang berurusan dengan hewan yang memiliki kekuatan gigitan mencapai 140 kg. Para ahli menganjurkan untuk menyerang bagian moncongnya yang sensitif atau cobalah untuk menyerang matanya.

Seperti yang kita bahas di atas, hal pertama yang kita lakukan saat dikejar buaya adalah lari dengan sekuat tenaga. Namun bila sudah terlambat, lawanlah balik dan jangan coba-coba berusaha untuk membuka mulutnya.

Selain itu, jangan pernah berpura-pura mati jika tidak ingin mati beneran ya. Akan tetapi yang paling penting adalah jangan coba-coba untuk mendekati area teritori mereka.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending