Rahasia Sukses Versi Elon Musk: Jangan Takut Salah

Aji Reza Mahendra . November 14, 2022

Foto: Detik.com

Teknologi.id - Elon Musk membuat penampilan virtual di KTT G20. Pada forum B20 dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Musk mengungkapkan kunci kesuksesannya, memungkinkannya menjalankan lima perusahaan sekaligus.

Musk mengakui bahwa kesuksesan tidak datang dengan cepat dan kegagalan sering kali diderita. Tapi sejak itu dia belajar untuk tidak takut membuat kesalahan dan terus berkembang.

Baca juga: Tak Jadi Hadir Langsung, Elon Musk Hadir Secara Virtual pada KTT G20

"Menurut saya prinsip utamanya adalah mengurangi kesalahan dari waktu ke waktu. Jadi akui bahwa kalian pernah salah tapi kalian ingin mengurangi kesalahan, dan jika kalian bisa mengurangi kesalahan setiap hari itu bagus," ucap Musk dalam diskusi bertajuk 'Future Knowledge and Blended Finance' yang digelar secara virtual, Senin (14/11/2022).

Kunci sukses lainnya adalah tetap ingin tahu. Musk sendiri mengaku selalu ingin tahu lebih banyak tentang dunia dan teknologi pada khususnya.

Melansir Inet Detik, CEO Tesla dan SpaceX ini mengatakan sejak kecil dirinya sudah terobsesi dengan buku dan film bertema fiksi ilmiah dan fantasi. Rasa ingin tahunya soal teknologi dan dunia antariksa dimulai saat ia masih berumur enam tahun menonton film Star Wars di bioskop.

"Lord of the Rings mungkin merupakan buku favorit saya. Isaac Asimov juga memiliki dampak yang besar bagi saya, seri The Foundation. Robert Heinlein juga," tutur Musk.'

Baca juga: Pakai Batik Sulawesi di B20, Elon Musk Diminta Luncurkan Roket dari Indonesia

Musk juga menekankan bahwa pintar secara akademis saja tidak cukup. Menurutnya, kecerdasan akademik dan kecerdasan mental sama pentingnya. Orang terkaya di dunia juga menyarankan untuk mencari teman baik yang bisa memberikan masukan kritis.

"Kadang teman kalian tahu bahwa apa yang kalian ucapkan itu salah, tapi mereka tidak ingin melukai perasaan kalian jadi mereka tidak mau bicara. Tapi jika kalian minta ke mereka dan kalian bilang itu tidak akan melukai perasaan, mereka akan memberitahu kalian," pungkas Musk.

(arm)

author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar