PPN Naik jadi 11 Persen, Harga Pulsa Internet Ikut Berdampak?

Maudita . March 28, 2022


Handphone atau HP

Foto: Unsplash


Teknologi.id - Kabar bahwa pajak pertambahan nilai (PPN) akan naik 11 persen sempat heboh di kalangan masyarakat.


Sebelumnya, pemerintah memang sudah menerbitkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan pada 29 Oktober 2021.


Dalam undang-undang tersebut, terdapat salah satu aturan yang membahas soal penetapan tarif tunggal PPN.


Dikutip Teknologi dari Selular, Senin (28/3/2022), kenaikan tarif PPN akan terjadi secara bertahap, mulai 1 April 2022 menjadi 11 persen dan bertambah 12 persen paling lambat 1 Januari 2025.


Lantas, muncul satu pertanyaan. Karena adanya perubahan pada tarif PPN naik 11 persen, apakah harga pulsa internet juga ikut berdampak?


Baca juga: Ini Kecepatan Internet 5G Asia Pasifik, Urutan Berapa Indonesia?

Tarif PPN naik 11 persen, harga pulsa internet berdampak?

Menanggapi situasi sebelumnya, beberapa operator seluler Indonesia, seperti Smartfren, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), XL Axiata, dan Telkomsel menyatakan akan mengikuti peraturan dari pemerintah.


Tri Wahyuningsih selaku Group Head Corporate Communications XL Axiata mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti aturan sesuai pemerintah, yakni menaikkan tarif PPN menjadi 11 persen.


“(XL) mengikuti aturan dan ketentuan pemerintah melakukan penyesuaian pemberlakuan besaran PPN dari saat ini 10 persen menjadi 11 persen yang berlaku mulai 1 April 2022,” jelas Tri Wahyuningsih atau akrab dipanggil Ayu, mengutip dari Kompas, Senin (28/3/2022).


Tak hanya itu, Deputy CEO Mobility Smartfren, Sukaca Purwokardjono pun memberikan penjelasan bahwa Smartfren akan selalu mengikuti kebijakan pemerintah. 


“Smartfren selalu mengikuti kebijakan pemerintah. Demikian juga dalam perubahan PPN naik 11 persen. Saat peraturan tersebut diberlakukan, maka PPN akan mengikuti peraturan baru,” kata Sukaca Purwokardjono.


Telkomsel dan IOH juga memberikan pernyataan yang tak berbeda jauh dari kedua operator seluler di Indonesia. Mereka sama-sama akan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.


Lalu, apakah harga pulsa internet akan ikut naik? Kendati demikian, masih belum ada jawaban pasti apakah beberapa operator seluler tersebut akan ikut menaikkan harga pulsa internet.


Mereka hanya memberitahukan bahwa perusahaan akan memberlakukan penyesuaian tarif PPN saja, tidak dengan harga pulsa internet.


Sementara itu, IOH, Telkomsel, dan XL Axiata mulai melakukan sosialisasi pada para pelanggan mengenai tarif PPN naik 11 persen ini.


Contohnya IOH dan telkomsel yang sama-sama berencana melakukan sosialisasi dengan cara pemberitahuan lewat pesan atau SMS. 


XL Axiata juga mengaku telah menginformasikan pada para pelanggan dan mitra bisnis, bahwa seluruh layanan XL akan memberlakukan tarif PPN sebesar 11 persen dan efektif mulai 1 April 2022.


(mdt)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar