Joget TikTok Sambil Bawa Daging Manusia, Dokter ini Diskors

Fabian Pratama Kusumah . April 15, 2021

Foto: The Independent

Teknologi.id – Seorang dokter bedah plastik di Brasil bernama Caren Trisoglio Garcia diskors dan dituduh melanggar kode etik.

Garcia yang memiliki nama akun "Minhacirurgiaoficial" di TikTok, melakukan aksi joget sambil menunjukkan potongan daging, kulit, dan lemak dari tubuh manusia.

Diduga potongan tubuh manusia itu adalah sisa-sisa dari operasi bedah yang dilakukannya di wilayah São Paulo, Brasil.

Dalam video tersebut, dokter bedah terlihat tersenyum dan menari diiringi musik sambil memamerkan lemak dan kulit pasiennya yang telah dihilangkan.

Dalam sebuah video yang lain, dia melambai-lambaikan daging manusia dan menyebutnya sebagai "trofi hari ini" sambil tersenyum.

Garcia juga kerap menambahkan teks yang terlihat mengerikan di videonya. Video-video itu dihapus menyusul penangguhannya oleh dewan medis regional São Paulo pada Kamis lalu.

Baca juga: Instagram Akan Hadirkan Remix, Fitur Comotan dari TikTok

Video tersebut dicap "tidak etis" oleh dewan Perkumpulan Bedah Plastik Brasil (SBCP), yang memutuskan untuk menghukumnya selama enam bulan.

SBCP menemukan bahwa Garcia telah melanggar lima peraturan internalnya, termasuk membagikan gambar bagian tubuh.

Dikutip dari The Sun, selama penyelidikan berlangsung, dokter bedah tersebut juga tidak akan dapat menangani pasien.

Dia saat ini sedang dalam penyelidikan dan izinnya bisa dicabut sepenuhnya jika terbukti bersalah melakukan pelanggaran.

Sebagai catatan, Brasil merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pengunduhan aplikasi TikTok terbanyak di dunia.

Baca juga: Shorts, Fitur Serupa TikTok dari YouTube Mulai Dirilis

Berdasarkan laporan Statista tahun lalu, jumlah unduhan TikTok di Brasil sekitar 35 juta dan menempati posisi ketiga.

Sedangkan yang terbanyak adalah India yaitu sekitar 99,8 juta, diikuti Amerika Serikat sekitar 45,6 juta, sedangkan Indonesia berada di urutan keempat setelah Brasil.

Indonesia mencatat sekitar 30 juta unduhan TikTok. Angka tersebut berpotensi meningkat tahun ini setelah aplikasi video singkat tersebut naik daun di Tanah Air.

 (fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler