Israel Konflik dengan Palestina, ini Tindakan Indonesia

Fabian Pratama Kusumah . May 17, 2021

Foto: Setkab

Teknologi.id – Pemerintah Republik Indonesia terus mengupayakan berbagai upaya diplomatik demi menghentikan serangan Israel terhadap Palestina.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Lestari Priansari Marsudi diketahui menelepon menlu sejumlah negara, termasuk Turki, untuk merespons tindakan Israel.

"Berbicara via telepon dengan FM (Foreign Minister) Palestina, Riyad Al-Maliki (14/05). Menyampaikan dukungan penuh Indonesia kepada rakyat Palestina,”

“Agresi Israel termasuk serangan keji di Gaza harus dihentikan," ujar Retno dalam akun resmi Twitter-nya, dikutip Senin (17/5/2021).

Dalam sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlüt Çavuşoğlu, Retno menjelaskan İndonesia dan Turki mulai mempersiapkan untuk membuat pertemuan darurat Tingkat Menlu Open-Ended.

Baca juga: Indonesia Buat Kapal Perang Baru, Punya Senjata Canggih

Melalui Komite Eksekutif Organisasi Kerja Sama Islam/OKI (Organisation of Islamic Cooperation/OIC).

Pertemuan OKI memang khusus membahas situasi terkini antara Palestina dan Israel. Menurut rencana, kata Retno, pertemuan ini setidaknya akan menghasilkan beberapa resolusi.

Resolusi tersebut termasuk seruan kepada komunitas internasional, khususnya Dewan Keamanan-PBB (UN Security Council), untuk mengambil langkah konkret atas tindakan kekerasan dan pelanggaran hukum internasional.

"Dan bila DK PBB gagal, maka SMU [Sidang Majelis Umum] PBB harus melakukan Pertemuan Darurat," kata Retno dikutip dari CNBC Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga menyampaikan tiga usulan kunci kepada negara-negara anggota OKI terkait masalah Palestina dan agresi Israel.

Baca juga: Alat dari Israel untuk Bobol Ponsel ini Dijual di Pasaran

Pertama, memastikan adanya persatuan. Kedua, OKI harus mengupayakan terciptanya gencatan senjata segera. Ketiga, agar OKI tetap fokus membantu kemerdekaan bangsa Palestina.

Sedangkan pembahasan Retno dengan Menlu Malaysia, Hishammuddin Hussein, yang mengatakan RI dan Malaysia mengutuk serangan terhadap masyarakat Palestina di Jalur Gaza.

Kedua negara juga menyerukan agar Israel segera menghentikan agresinya di seluruh wilayah Palestina.

Sebelumnya, Retno juga menyatakan Indonesia mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di Jalur Gaza yang menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa warga sipil Palestina yang tidak berdosa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyampaikan pernyataan. Jokowi mengatakan bahwa para pemimpin negara-negara Islam mengaku sangat prihatin dengan situasi yang terjadi di Palestina.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar