Bank Indonesia akan Buat Rupiah Digital, Kamu Minat?

Fabian Pratama Kusumah . February 25, 2021

Foto: infobanknews

Teknologi.id –Bank Indonesia (BI) berencana menerbitkan mata uang digital, yang saat pandemi ini banyak diminati oleh banyak kalangan.

BI juga akan membuat bank sentral baru yang khusus untuk mengurus uang digital. Hal itu disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo saat berbincang dengan Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung (CT) dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2021, hari Kamis 25 Februari 2021.

"Kami rumuskan Central Bank Digital Currency yang BI akan terbitkan dan edarkan dengan bank-bank dan fintech secara whole shale dan ritel," kata Perry dikutup dari CNBC Indonesia.

Baca juga: Jangan Tertipu! Ini Daftar 148 Pinjaman Online Resmi OJK

Hal tersebut diungkapkan oleh Perry saat menjawab pertanyaan dari Founder/Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengenai cryptocurrency.

Menurut Perry, BI akan berkoordinasi dengan bank sentral lainnya untuk mengeluarkan mata uang digital ini.

Pada kesempatan yang sama, Perry menegaskan bahwa Bitcoin tidak boleh menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Baca juga: OJK: Snack Video Ilegal!

Sesuai dengan Undang-Undang di Indonesia hanya ada 1 mata uang yakni Rupiah. Mata uang lain dalam bentuk apapun tidak boleh digunakan sebagai alat pembayaran.

“Seluruh alat pembayaran menggunakan koin, kertas dan digital menggunakan Rupiah dan wewenang ada di BI. Digital currency wewenang di BI, kami jelaskan Bitcoin bukan alat pembayaran sah," ujarnya.

Sebagai catatan, beberapa bank-bank sentral negara maju memang sudah memiliki wacana untuk menerbitkan mata uang digital.

Dikutip dari Kompas, Bank Sentral US The Fed misalnya, berencana membuat Fedcoin sebagai saingan Bitcoin.

Baca juga: 5 Android Rp1 Jutaan yang Cocok untuk Gaming FPS dan MOBA

Hal itu diungkapkan Gubernur The Fed Jerome Powell beberapa waktu lalu. Namun, pengembangan bakal dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi risiko fraud maupun pemalsuan.

Saat ini, mata uang kripto seperti Bitcoin, Doge, dan Ethereum diburu oleh banyak orang. Bahkan VGA buatan NVIDIA yaitu GeForce RTX 3000 series sampai langka karena diborong penambang kripto.

Adanya Rupiah digital diharapkan menjadi inovasi yang bagus untuk perekonomian Indonesia, khususnya mengembalikan gairah ekonomi yang sangat turun karena imbas pandemi.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar