WhatsApp Siapkan Fitur Bernama Flash Call, ini Fungsinya

Fabian Pratama Kusumah . June 08, 2021

Foto: Imigrasi Tangerang

Teknologi.id – WhatsApp menggunakan One time password (OTP) untuk menjadi sarana pengamanan otentikasi dua langkah (2FA) ketika pengguna melakukan login dengan nomor telepon.

Umumnya, kode OTP yang berisi enam digit angka dikirim via SMS atau telepon. Jika menggunakan telepon, bot akan mendikte kode OTP kepada pengguna untuk bisa log in.

Namun, kode ini rentan dicuri oleh peretas dengan berbagai cara, misalnya melalui layanan SMS, call forward, atau social engineering dengan berpura-pura menanyakan kode.

Untuk mencegah pembajakan akun lewat pencurian kode OTP, kabarnya WhatsApp sedang menyiapkan fitur khusus bernama Flash Call.

Baca juga: 5 Cara Hapus File di WhatsApp agar Memori Tidak Penuh

Seperti namanya, Flash Call merupakan panggilan singkat yang akan memverifikasi nomor ponsel secara otomatis ketika pengguna hendak masuk ke akun WhatsApp.

Verifikasi dilakukan dengan menelepon nomor pengguna, lalu langsung memutus panggilan. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus memberikan izin kepada WhatsApp untuk mengakses log panggilan di ponselnya.

Setelah diizinkan, WhatsApp akan secara otomatis mengecek apakah ponsel pengguna memang menerima panggilan singkat tersebut.

Jika terverifikasi, pengguna bisa langsung mengakses akun WhatsApp tanpa memasukkan kode OTP.

Dikutip dari Kompas, instruksi untuk memberikan izin akses ke log panggilan di ponsel pengguna muncul dalam sebuah pop-up notifikasi.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp ini Penting tapi Jarang Diketahui

Pop-up tersebut akan muncul ketika pengguna hendak memasukkan kode OTP saat melakukan log in ke akun WhatsApp.

Namun fitur Flash Call bersifat opsional.  Artinya, pengguna masih bisa mendapatkan kode OTP dengan cara lama, yakni melalui SMS atau panggilan telepon biasa.

Jika belum berminat menggunakan Flash Call, cukup ketuk "Not Now". Sebaliknya, jika ingin mencobanya, pilih opsi "Continue".

Untuk sekarang, Flash Call kabarnya masih dalam pengembangan. Belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini secara resmi.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler