Tips Rakit PC Gaming Harga Terjangkau Kualitas Jempolan

Teknologi.id . October 26, 2020

Seperti Apa Kebutuhan PC Kamu? Apa Itu System Requirement? - Mimiti PC

Teknologi.id - Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan industri gaming baik di dunia maupun di Tanah Air berkembang semakin pesat, baik industri game mobile, game konsol, maupun game PC.

Berbeda dengan para pemain game mobile dan game konsol, yang dengan membeli satu perangkat bisa langsung digunakan untuk bermain game, para pemain game PC cenderung lebih suka merakit PC gaming dengan menyusun komponen per komponen hingga bisa mendapatkan spesifikasi PC gaming terbaik.

Namun, sudah bukan rahasia lagi bahwa biaya untuk merakit seperangkat PC gaming tidaklah murah. Meski begitu jangan khawatir, bagi kalian yang sedang berencana merakit PC gaming namun memiliki budget terbatas, berikut ini Teknologi.id sajikan beberapa tips rakit PC gaming dengan harga terjangkau namun berkualitas jempolan.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game, Ampuh!

Tips Rakit PC Gaming dengan Harga Terjangkau Kualitas Jempolan

1. Tentukan target

Best budget gaming PC 2020: top gaming desktops for less
Foto: Knowledia News

Hal pertama yang harus kalian tentukan ketika memulai merakit PC gaming dengan harga terjangkau adalah target dari PC yang akan dibuat.

Maksud dari target adalah game seperti apa yang ingin kalian mainkan dengan PC yang dibuat, stabil di berapa FPS, dan kira-kira tidak akan di-upgrade lagi hingga berapa tahun lamanya.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas kalian akan menemukan bayangan yang lebih jelas mengenai seperti apa PC gaming kalian jadinya nanti.

Target ini bisa kalian contek dari system requirements dari game yang ingin kalian mainkan. Dan jika sudah menyesuaikan target, termasuk game-game apa yang dimainkan nantinya, pastinya kalian juga tidak boleh lebay dalam memilih komponen agar budget tetap terkendali.

2. Perhatikan harga komponen

Buying a Pre-Built Gaming PC Is Now Smarter Than Building Your Own -  ExtremeTech
Foto: Extreme Tech

Sebagian besar dari kalian pastinya sudah paham bahwa untuk merakit PC itu tidaklah murah. Oleh karenanya, kalian harus teliti harga setiap komponen-komponennya.

Saat ini memang sudah banyak merek yang nongol di pasaran, jadi kalian harus berjuang ekstra untuk mencari komponen dengan harga yang pas buat kantongmu. Perhatikan mana yang murah, tapi murah bukan berarti kamu boleh asal pilih ya.

3. Hindari merek tak dikenal

Building a Gaming PC for Beginners - Teach Kids Engineering
Foto: Tech Kids Engineering

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalian harus memikirkan harga yang murah, tapi jangan asal pilih merek.

Saat ini banyak orang yang tidak peduli merek dan lebih mengedepankan harganya yang murah dan sudah bisa memainkan game tertentu.

Tapi, kalian harus menganggap PC tersebut bagaikan investasi ke depannya. Tidak lucu bukan, bila baru dipakai dalam waktu singkat sudah banyak terdapat komponen yang rusak?

Untuk itu, usahakan hindari merek-merek komponen yang tidak dikenal, bila perlu search di Google atau forum-forum gaming terlebih dahulu bila menemukan komponen super murah dengan merek yang asing di telinga.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: Cara Ampuh Main Game Berat di HP Spek Kentang!

4. Pilih produk bergaransi panjang

iMechanic - We Repair it All | Same Day Phone Repair & Lifetime Warranty

Seperti yang disebutkan di atas, anggaplah PC gaming ini merupakan investasi beberapa tahun ke depan. Pastinya kalian membutuhkan garansi untuk menjaminnya tetap awet hingga beberapa tahun ke depan juga bukan?

Beberapa merek biasanya punya masa garansi yang berbeda-beda. Namun, beberapa komponen, contohnya merek Corsair, punya masa garansi seumur hidup. Hal ini berarti jika komponen kalian mati total, meski sudah dipakai 5 tahun sekalipun, kalian akan mendapat ganti barang baru. Komponen dengan garansi pendek dijamin justru bisa bikin kalian tekor.

5. Prioritaskan komponen krusial

2020 Gaming PC build guide: Get your rig ready for the biggest games of  2020 | PC Gamer
Foto: PC Gamer

Pastikan untuk memprioritaskan pemilihan merek yang terpercaya di setiap komponen PC yang krusial. Komponen krusial PC di antaranya: Motherboard, HDD, PSU, RAM, GPU/VGA. Bagaimana dengan CPU? Untuk CPU pastikan memilih salah satu dari dua merek saja, yakni Intel atau AMD.

Komponen krusial pada PC saling berhubungan, jadi dengan membeli merek yang sudah terpercaya, kalian bisa lebih berkonsentrasi pada komponen-komponen lainnya.

6. Rencanakan upgrade

Seperti Apa Kebutuhan PC Kamu? Apa Itu System Requirement? - Mimiti PC
Foto: Mimiti PC

Investasi tentu memiliki tujuan jangka panjang. Nah, jika sudah merencanakannya untuk jangka panjang, berarti kalian juga harus menyiapkan dana untuk melakukan upgrade PC gaming tersebut, meski dengan dicicil sedikit-sedikit.

Tidak perlu langsung CPU i9 sekaligus RAM 32 GB, dan sebagainya, tapi siapkan saja dulu dana untuk fokus satu komponen terlebih dahulu. Jangan menimbun dana yang sudah mencapai target, segera belanjakan komponen yang sudah direncanakan, lalu ulangi lagi untuk menabung komponen yang lainnya. Dengan begitu, PC gaming kalian akan ter-upgrade secara bertahap dari waktu ke waktu hingga akhirnya bisa mencapai spesifikasi yang diinginkan.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler