Download Preset Lightroom Gratis Ini Biar Fotomu Makin Kece!

Teknologi.id . September 18, 2020
8 Powerful Lightroom Mobile Presets You Need Right Now

The Photographers Passport

Teknologi.id - Bagi para pehobi fotografi di smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Adobe Lightroom atau biasa disebut Lightroom. Adobe Lightroom adalah aplikasi editor foto dan kamera gratisan namun lengkap dan intuitif, yang saat ini sudah tersedia di perangkat mobile, baik Android atau pun iOS.

Kita semua pasti sudah tahu bagaimana kualitas aplikasi-aplikasi editor dari Adobe, begitu pun untuk Lightroom ini kualitas hasil editannya merupakan salah satu yang terbaik dan paling populer digunakan para pengguna media sosial untuk beradu kreativitas hasil foto.

Nah, agar tidak kalah kece dari teman-temanmu yang lain saat mengunggah foto ke media sosial, berikut ini Teknologi.id bagikan beberapa referensi preset Adobe Lightroom yang bisa kalian gunakan secara gratis  untuk memperindah hasil foto-fotomu.

Baca juga: Bingung Kapan Harus Memotret dengan HDR? Berikut Tipsnya

Preset Lightroom Gratis untuk iOS dan Android

Berikut adalah kumpulan preset Lightroom gratis untuk smartphone iOS maupun Android:

1. Mobile Lightroom Presets

Cara Download Preset Lightroom Gratis 20584

Nah, bagi kamu yang sedang mencari preset Lightroom gratis iOS maupun Android, kamu bisa mendapatkannya dari FixThePhoto yang menyediakan lebih dari 500 preset gratis untuk kebutuhan fotografi, mulai dari dreamy golden tone, landscape, street photography, human portrait, dan masih banyak lagi.

Berikut link download preset Lightroom dari FixThePhoto.

2. Matte Portrait Presets

Cara Download Preset Lightroom Ea4c9

Koleksi preset Lightroom premium ini dikhususkan untuk fotografi portrait atau modeling. Kalau kamu menggunakan koleksi preset ini, maka hasil fotomu akan memiliki vibe hangat dan estetik.

Kamu bisa unduh preset Lightroom gratis yang juga memiliki kesan soft dan berkelas ini pada link berikut.

3. Orange and Teal Preset

Cara Mendownload Preset Lightroom 54eb4

Preset satu ini juga menjadi pilihan favorit para selebgram, sehingga feed akun Instagram mereka bisa kelihatan makin kece dengan warna oranye dan biru yang tajam.

Kalau kamu juga mau punya feed Instagram keren seperti mereka, jangan lupa download preset Lightroom selebgram yang satu ini.

4. Preset Lightroom Wedding Warm Enrich

Cara Dapat Preset Lightroom Gratis F3cd0

Sesuai namanya, preset Lightroom yang satu ini dapat memberikan kesan sinematik yang cocok untuk foto-foto wedding, sehingga hasil foto akan semakin berkesan, apalagi jika dilihat bersama pasangan hingga bertahun-tahun kemudian.

Download preset Lightroom Wedding Warm Enrich yang super cantik di sini.

5. Preset Lightroom Emulsion

Link Download Preset Lightroom Af7ea

Preset Emulsion mampu memberikan hasil berupa efek film yang halus, berwarna krem, dan realistis untuk semua jenis foto. 

Shadow dan highlight pada foto-fotomu akan diturunkan, sehingga sangat menarik untuk fotografi jenis portrait dan pemandangan bunga. Supaya kamu tidak penasaran dengan hasilnya, langsung saja download preset Lightroom Emulsion.

6. Preset Lightroom Cream

Cara Download Preset Lightroom Gratis 6ea50

Cream adalah preset Lightroom khusus smartphone yang akan memberikan hasil berwarna krem, matte, dan halus dengan tone warna gading. Preset ini cocok untuk foto dengan objek bunga, portrait, bahkan pernikahan.

Link download preset Lightroom Cream bisa dengan mudah kamu dapatkan di sini.

7. Red and Green Preset

Cara Download Preset Lightroom D2996

Tidak cuma kombinasi warna oranye dan biru, kamu juga bisa mendapatkan preset Lightroom dengan perpaduan tone merah dan hijau melalui preset satu ini. Hasil foto yang akan kamu dapatkan cenderung gelap, namun hal ini bisa menambah kesan grungy yang dijamin keren, deh.

Kamu tidak harus repot-repot mencari cara dapat preset Lightroom gratis Red and Green, karena cukup dengan klik link ini, maka kamu sudah bisa mengunduhnya.

8. Preset Lightroom Hyperreal Drab (HDR)

Cara Mendownload Preset Lightroom 9b498

Kalau kamu ingin mendapatkan efek HDR (high dynamic range) dengan kontras tinggi khas fitur pada kamera smartphone, maka preset Hyperreal Drab menjadi solusi buat kamu.

Kamu bisa melihat hasil foto yang dibuat kecokelatan dan lebih gelap jika kamu mengunduh preset Hyperreal Drab dari Presets Galore yang ditawarkan secara gratis ini.

9. Preset Lightroom Hyperreal Intense (HDR)

Cara Dapat Preset Lightroom Gratis 0553a

Kalau foto yang terlihat kusam dan gelap bukan aesthetic-mu, maka kamu bisa download preset Hyperreal Intense yang juga memiliki efek HDR seperti preset Hyperreal Drab.

Warna-warna objek di fotomu akan menjadi semakin tajam dan cerah jika menggunakan preset ini, sehingga akan membuat feed Instagram-mu menjadi lebih eye-catching.

10. Preset Lightroom Grid

Link Download Preset Lightroom 5fbc3

Preset Lightroom gratis iOS dan Android bernama Grid ini mampu memberikan hasil editan foto yang tampak moody dan sinematik. Dengan kata lain, fotomu akan tampak lebih gelap dan ada kesan gothic tersendiri.

Kalau kamu ingin hasil foto yang berbeda dibanding yang lain, maka preset Lightroom Grid adalah pilihan tepat buat kamu.

Baca juga: 7 Cara Memperjelas Foto yang Blur Agar Sejernih Foto HD

Cara Menggunakan Preset Lightroom Gratis

Setelah men-download preset Lightroom yang diinginkan, kalian perlu tahu cara menggunakan preset Lightroom gratis tersebut. Berikut ini caranya:

- Ekstrak File Preset Lightroom

Kalau kamu sudah download file preset Lightroom yang diinginkan, maka extract file Lightroom presets free download ZIP tersebut dan taruh di folder yang mudah ditemukan.

- Masukkan Preset Lightroom

Selanjutnya, buka aplikasi Lightroom di smartphone-mu. Klik menu New item, dan klik pada pilihan Album untuk membuat album baru.

Beri nama pada album, misalnya akan menggunakan nama Preset. Kemudian, klik pada ikon picture untuk mulai menambahkan preset.

Klik pada pilihan Device, lalu pilih folder preset yang sudah kamu extract, kemudian klik Add.

- Mengaplikasikan Preset pada Foto

Pilih salah satu preset yang ada di album, lalu klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk memunculkan menu yang lain.

Klik pada pilihan Copy Settings, lalu masukkan foto yang ingin kamu edit ke aplikasi Lightroom. Jika sudah, klik kembali pada tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

Klik Paste Settings sebagai cara memasukan preset Lightroom, dan lihat hasil foto yang sudah diedit menggunakan preset tersebut.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya