Bingung Kapan Harus Memotret dengan HDR? Berikut Tipsnya

Luthfiana Mifta . July 23, 2020
Foto: 9to5Google


Teknologi.id - Dari sekian banyak fitur yang ada di kamera ponsel, seperti fitur bokeh dan nightscape, fitur HDR telah lama hadir lebih dulu dan biasanya telah tersedia di layar antarmuka kamera ponsel. Bagi kalian yang belum mengetahui fungsi dari HDR, HDR atau High Dynamic Range merupakan sebuah proses yang meningkatkan jangkauan dinamis di luar dari hasil jepretan kamera ponsel sehingga membuat representasi yang akurat.

Cara kerja fitur ini yaitu saat kalian mengambil foto, kamera akan menangkap beberapa gambar secara berurutan dengan nilai eksposur yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, proses pengambilan foto menggunakan fitur HDR ini akan sedikit lebih lama, namun kualitas foto yang dihasilkan akan lebih bagus daripada mode standar.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Agar Chrome Lebih Irit Memori

Bagi kalian yang belum tahu kapan harus menggunakan fitur HDR, berikut ini adalah tips waktu yang tepat untuk memotret dengan HDR:

1. Kondisi cahaya terlalu terang


Foto: Dummies


Cahaya mampu membuat warna sebuah objek foto terlihat lebih kuat dan bisa tertangkap kamera dengan mudah. Namun ternyata, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan bayangan yang gelap pada objek foto, misalnya ketika memfoto wajah seseorang yang terpapar cahaya matahari. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa mengaktifkan mode HDR agar secara otomatis menghasilkan foto dengan warna serta tingkat kecerahan yang sesuai keinginan kalian.

2. Kondisi kurang cahaya atau backlight


Foto: Presetpro


Mode HDR juga bisa kalian gunakan ketika memotret dalam kondisi gelap atau minim cahaya agar tetap menghasilkan foto yang terang dengan kualitas warna yang tetap indah atau memenuhi unsur estetika. Mode HDR juga bisa menjadi alternatif dari mode Nightscape atau Low-Light saat mengambil foto di malam hari loh.

3. Foto Landscape


Foto: CNet


Foto dengan model landscape misalnya dengan posisi horizontal, memungkinkan kamera ponsel untuk menangkap lebih banyak objek foto seperti kondisi lingkungan atau bangunan serta langit. Dalam kondisi ini, biasanya sulit bagi kamera untuk mendapatkan foto dengan tingkat kecerahan yang tepat. Fitur HDR sangat bisa membantu kalian untuk mendapatkan warna hasil foto yang seimbang. Hasil foto dengan mode HDR mampu menyajikan warna kecerahan langit yang tidak terlalu terang tapi juga warna dari objek foto seperti bangunan atau lingkungan sekitar yang tidak terlalu gelap.

Baca juga: Cara Mudah Tunda Update Otomatis di Windows 10

(lm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler