Coba Bikin Podcast Pakai 5 Rekomendasi Aplikasi Ini Yuk!

Annisa Fadillah . December 13, 2020

Foto: Premium Beats

Teknologi.id - Punya hobi untuk bercuap-cuap memang mengasyikkan. Apalagi, jika kamu concern terhadap hal tertentu dan ingin melakukan riset mendalam serta membagikannya kepada khalayak umum. Pastinya, kamu butuh sebuah platform yang bisa mewadahi kebutuhan kamu tersebut. Podcast bisa menjadi salah satunya, lho.

Di masa sekarang, podcast memang sedang naik daun dan digandrungi oleh masyarakat. Tanpa perlu banyak menguras kuota untuk melihat video, cukup dengan mendengarkan kapan saja dan di mana saja kamu sudah bisa memperoleh 'insight' yang kamu butuhkan. Selain itu, proses rekaman yang cukup simple membuat podcast cepat bertumbuh dan menjadi wadah bagi para kreator yang demen ngomong.

Tak melulu soal obrolan berat dan motivasi super, podcast pun bisa diisi oleh berbagai macam karya sastra seperti puisi, pantun, balada, stand up comedy, dll. Lewat podcast juga, kamu bisa mem-branding diri kamu dengan potensi yang kamu punya. Nah, aplikasi apa saja sih yang bisa digunakan untuk bikin podcast ini?

Baca Juga: Pre-order iPhone 12 di RI Dibuka Hari Ini, Yuk Cek Harganya

1. Anchor.fm

Foto:  JES Web

Yang pertama dan yang paling populer tentunya ada Anchor.fm. Cukup download aplikasi ini di PlayStore maupun AppStore, dengan cepat kamu akan memiliki podcast kamu sendiri. Dengan fitur yang cukup lengkap dan disediakan secara cuma-cuma, kamu bisa langsung rekam, edit, dan posting podcast pada satu aplikasi saja. Anchor.fm pun melengkapi berbagai macam genre musik yang dapat digunakan untuk mengiringi obrolan atau karya kamu. Lewat aplikasi ini, kamu sudah bisa mendistribusikan podcast kamu secara otomatis ke berbagai platform seperti Spotify, Google Podcast, Apple Podcast, dan masih banyak lagi.

2. PodBean

Foto: Podbean

Selain Anchor.fm, ada juga aplikasi lainnya yang tak kalah mudah untuk digunakan, yaitu PodBean. Mengususng tampilan yang menarik dengan warna hijau dan hitam, PodBean menyediakan pengeditan trim dasar seperti proses merekam podcast dengan latar belakang musik pengiring. Kemudian, pengguna juga diberi kemudahan dalam mengakses perpustakaan podcast PodBean dan mengelola subscription. Setelah melakukan pendaftaran akun, kamu langsung bisa menemukan tombol 'rekam suara' pada tampilan beranda atau home untuk memulai membuat podcast.

3. SoundCloud

Foto: Cyberthreat

Aplikasi lainnya yang mampu memfasilitasi keinginan kamu untuk bikin podcast ialah SoundCloud. Meski sudah terdengar lama, dan biasanya digunakan untuk upload cover lagu, tapi SoundCloud juga bisa digunakan untuk membuat podcast. SoundCloud menawarkan layanan rekaman sekaligus pengunggahan ke hosting secara gratis. Aplikasi ini cukup populer di kalangan penggemar musik dan podcast. Meskipun begitu, tampaknya kamu masih harus membutuhkan aplikasi lain untuk mengedit rekaman kamu sebelum diposting di SoundCloud.

Baca Juga: Coba 5 Aplikasi Ini untuk Tanda Tangan Dokumen Digital

4.  Google Podcasts

Foto: Selular.id

Tak mau dibilang ketinggalan, Google akhirnya menyediakan satu aplikasi khusus untuk podcast, yaitu Google Podcasts. Meski tergolong cukup baru, Google Podcasts ini dirasa mampu untuk mewadahi kegiatan podcast kamu, sekaligus men-distribusikan-nya secara langsung ke penggemar. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana dan user friendly serta tersedia pula perpustakaan podcast yang lengkap. Sehingga, kamu bisa mengunduh dan mendengarkan podcast apa saja dari seluruh dunia. Siap untuk membuat podcast pertama kamu?

5. Jojo: Go Record Yourself

Foto: Ilmupedia

Jojo: Go Record Yourself merupakan salah satu aplikasi pembuat podcast yang unik dan beda daripada yang lain. Dengan menggabungkan micro-blogging, podcasting, dan google maps; aplikasi Jojo ini bisa bikin klip "podcast mini" yang dapat kamu tempatkan di peta. Nantinya, klip tersebut akan menunjukkan titik di mana kamu membuat rekaman. Wah, yang satu ini pastinya seru banget buat kamu yang punya hobi traveling yah! Kamu juga bisa tuh membuat konten podcast mengenai tempat-tempat yang kamu kunjungi.

Baca Juga: Lagi Males Ngetik? Pakai Voice Typing di Google Docs Aja!

(af)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler