Cara Pakai Fitur Baru WhatsApp untuk Menghemat Memori HP

Teknologi.id . November 03, 2020

WhatsApp | La memoria de tu celular se llena fácilmente: WhatsApp permitirá  borrar ahora archivos de forma masiva | La Voz

Foto: La Voz


Teknologi.id - WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan, data terbaru yang diungkapkan oleh Head of WhatsApp Will Cathcart di Twitter, WhatsApp mengirimkan sekitar 100 miliar pesan setiap harinya.

Hal tersebut tak mengherankan, pasalnya WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi perpesanan yang diandalkan dengan fitur-fitur pendukung yang semakin komplit. Tak hanya untuk berkirim pesan, WhatsApp juga memiliki fitur lainnya, seperti fitur pengiriman gambar, video, pesan suara, fitur panggilan telepon dan panggilan video, serta fitur pembayaran melalui WhatsApp Pay.

Masalahnya, karena banyaknya fitur tersebut, WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak memakan penggunaan memori penyimpanan di HP. Tak sedikit pengguna yang mengeluhkan HP-nya lemot karena banyaknya file-file pesan dan media WhatsApp yang tersimpan.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, WhatsApp akhirnya resmi menggulirkan fitur baru ke seluruh penggunanya. Fitur baru ini akan memudahkan pengguna untuk menghapus pesan yang sekiranya tidak penting sehingga dapat membuat memori HP menjadi lebih lega. Bagaimana cara menggunakannya?

Baca juga: Cara Menjadwalkan Pesan WhatsApp Agar Terkirim Otomatis

Cara Pakai Fitur Baru WhatsApp untuk Menghemat Memori HP

WhatsApp says it won't hand over user data to Hong Kong authorities |  TechRadar
Foto: TechRadar

Untuk menggunakan fitur baru WhatsApp ini sangatlah mudah:

- pertama, buka aplikasi WhatsApp seperti biasa

- kemudian tekan Settings (untuk pengguna Android tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas terlebih dulu)

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

- lalu pilih Data and Storage

- selanjutnya tekan Manage Storage

Dari sini kita dapat melihat isi dari memori internal. Seberapa besar ruang yang dihabiskan oleh data dari WhatsApp.

Manage Storage akan menampilkan tinjauan dari item yang patut dihapus. Ada kategori foto atau video yang paling banyak di-forward, file lebih dari 5 MB atau pun chat dengan ukuran data percakapan terbanyak.

Pengguna dapat memilih satu persatu atau menyorot semua item sekaligus untuk dihapus, sehingga tidak merepotkan jika banyak item yang memang perlu dihapus.

Baca juga: 7 Aplikasi untuk Melihat Chat WhatsApp yang Dihapus

Meski begitu, karena pengguliran fitur dilakukan secara bertahap di WhatsApp iOS maupun Android, beberapa pengguna mungkin masih belum mendapatkan pembaruan fitur ini.

Namun yang pasti fitur ini layak ditunggu. Sebab memudahkan kamu mengelola ruang penyimpanan sehingga terbebas dari pesan-pesan yang tidak perlu disimpan.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler