Cara Menjadwalkan Pesan WhatsApp Agar Terkirim Otomatis

Teknologi.id . October 19, 2020


Will the WhatsApp Message 'Argentina Is Doing It' Hack My Phone?
Foto: Snopes



Teknologi.id - Pernahkah kalian berada di situasi dimana harus mengirim suatu pesan WhatsApp pada suatu waktu dan tanggal tertentu yang akan datang? Misalnya seperti pesan ucapan ulang tahun kepada orang spesial yang harus tepat waktu pukul 00.00, atau juga pesan deadline laporan pekerjaan yang harus dikirim pada waktu tertentu.

Tentunya kalian tidak ingin pesan tersebut terlambat dikirim atau bahkan yang lebih parah hingga lupa mengirimnya, bukan?

Nah, agar hal itu tidak terjadi, kalian bisa melakukan penjadwalan pesan WhatsApp sehingga pesan tersebut bisa dikirim otomatis oleh sistem sesuai waktu yang ditentukan.

WhatsApp memang belum secara resmi menghadirkan fitur penjadwal pesan seperti ini, namun ada beberapa trik yang bisa kalian lakukan untuk mengakalinya. Bagaimana caranya?


Baca juga: Cara Agar WhatsApp Centang Satu Walaupun Kita Online


Cara Menjadwalkan Pesan WhatsApp di HP Android

Untuk cara menjadwalkan pesan WhatsApp di HP Android, sebelumnya kalian harus menyiapkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat jadwal. Di sini kita akan menggunakan aplikasi penjadwal bernama SKEDit: Schedule WhatsApp Messages. 3 Cara Membuat Pesan Terjadwal WhatsApp Android dan iOS Dengan Mudah

Aplikasi ini memiliki opsi penjadwalan pesan yang cukup banyak mulai dari WhatsApp, SMS, email, Call bahkan Facebook. Berikut ini cara menggunakannya:

- Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi SKEDit di Google Play Store atau klik di sini

- Setelah terinstal, silahkan buka aplikasinya. Di dalam Apps ini ada 5 opsi penjadwalan mulai dari Facebook sampai dengan WhatsApp. Nah, karena kalian akan mengatur jadwal untuk mengirim pesan secara otomatis untuk WhatsApp, maka kalian harus memilih menu WhatsApp,

How to Schedule WhatsApp messages on Android [without Root]

- Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses kontak dan pesan WhatsApp, tekan ALLOW untuk memberikan izin.

- Kemudian kalian akan diwajibkan untuk mengisi kontak penerima yang akan dikirimkan pada form paling atas beserta body text yang berisi pesan yang ingin dikirimkan.

2 Cara Buat Jadwal Kirim Pesan WhatsApp di Android

- Jika ingin melampirkan file, maka klik icon paperclip berwarna hijau seperti di gambar, kemudian lampirkan file yang kalian mau.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

- Setelah itu kalian bisa mengatur jadwal kapan pesan ini akan dikirimkan pada menu schedule.

- Jika sudah selesai maka kamu bisa klik icon cheklist pada pojok kanan atas kemudian tinggal tunggu saja hingga pesan kalian terkirim sesuai dengan jadwal waktu yang telah diatur.

- Nantinya pesan WA akan terkirim otomatis sesuai jadwal yang sudah dibuat. Pengguna pun akan menerima notifikasi jika pesan sudah dikirim ya.

How to schedule, schedule sending WhatsApp messages on Android with SKEDit

Baca juga: Performa iPhone 12 Masih di Bawah Perangkat Android?

Cara Menjadwalkan Pesan WhatsApp di iPhone

Selain di Android, bagi pengguna iOS yakni iPhone, kalian juga dapat membuat pesan terjadwal untuk WhatsApp dan beberapa aplikasi lainnya. Bedanya untuk pengguna WhatsApp di iPhone, tidak dibutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk menjadwalkan pesan WhatsApp. Yang dibutuhkan hanyalah Siri Shortcuts. Begini langkah-langkahnya:

Cara schedule atau menjadwalkan pesan di WhatsApp di iOS.

- Download aplikasi Shortcuts dari Apple App Store

- Pilih opsi 'Automation' yang berada di bawah

- Tambahkan 'Personal Automation' dengan menekan simbol '+' pada pojok kanan atas dan pilih 'Create Personal Automation'

- Tentukan tanggal dan jam persisnya, kemudian sentuh opsi selanjutnya

- Pilih 'Add action' dan pilih opsi 'Text'

- Masukkan pesan yang ingin kamu kirimkan, kemudian tekan ikon '+'

- Karena kalian akan mengirim pesan menggunakan WhatsApp maka pilih 'WhatsApp' kemudian lanjut dengan opsi 'Send Message via WhatsApp'

- Tentukan penerima pesan lalu sentuh 'next'

- Cek detailnya kemudian pilih 'done'

Pesan WhatsApp kalian pun sudah diatur sedemikian rupa sehingga otomatis dikirimkan sesuai jadwal yang telah dibuat.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler