Cara Mengubah iPhone Menjadi Webcam

Indah Mutia Ayudita . October 22, 2020

Ilustrasi. Foto: Guiding Tech

Teknologi.id - Beberapa aplikasi yang beredar di iOS bisa digunakan untuk mengubah perangkat iPhone milikmu menjadi webcam.

Jika kamu masih butuh webcam untuk kebutuhan kelas online atau meeting online namun perangkat desktopmu tidak dilengkapi dengan webcam, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, salah satunya adalah EpocCam.

Untuk menggunakannya, cukup unduh dan pasang EpocCam dari App Store. Kamu juga perlu mengunduh aplikasinya di PC Windows atau Mac milikmu. Kamu bisa mengunduhnya lewat situs pengembangnya, kinoni.com.

Baca juga: ShopeePay Pakai Pengenal Wajah dan Sidik Jari buat Transaksi

Setelah kedua aplikasi terpasang, kamu tinggal menghubungkan kedua perangkat dengan jaringan yang sama atau menggunakan kabel USB.

Untuk menggunakannya, buka aplikasi pada perangkat iOS dan buka aplikasi konferensi video yang akan kamu gunakan, misal Zoom atau Skype.

Setting EpocCam pada Zoom. Foto: Guiding Tech

Setting EpocCam pada Ms. Teams. Foto: Guiding Tech

Kemudian, cari opsi EpocCam pada pengaturan kamera di aplikasi. Nanti akan ada pemberitahuan yang mengonfirmasi bahwa kamera yang digunakan terhubung melalui Wi-Fi (atau kabel USB).

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus 190 Juta Rupiah!

Jika menggunakan aplikasi konferensi video lewat browser, kamu bisa memberikan izin agar browser bisa mengakses webcam yang terpasang.

Biasanya, akan muncul pop-up yang meminta izin pengguna untuk mengakses webcam sebelum melakukan panggilan konferensi.

Jika kamu pengguna Zoom, beberapa pembaruan dari aplikasi tersebut menyebabkan bug yang merusak kompatibilitas aplikasi EpocCam dengan Zoom. Solusinya, kamu bisa menggunakan Zoom versi yang agak lama agar tetap bisa menggunakan EpocCam dengan Zoom.

Selamat mencoba!

(im)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler