Cara Memperbaiki Kamera HP Buram Agar Kembali Jernih

Teknologi.id . October 06, 2020

EyeEm app tells you which photos are worth posting on social media | Metro  News
Foto: Fortune

Teknologi.id - Kecanggihan teknologi kamera HP saat ini bisa dibilang begitu jauh berkembang, bahkan bisa dikatakan hampir menyaingi kualitas jepretan kamera DSLR.

Namun, pernahkah kalian mengalami kamera HP yang semula jernih, tiba-tiba berubah menjadi buram seperti kamera HP jadul? Padahal HP kalian memiliki kamera yang kekinian dengan resolusi puluhan Megapixel. Apa yang terjadi?

Berikut ini Teknologi.id rangkum beberapa penyebab serta cara mengatasi kamera HP buram agar kembali jernih seperti semula.

Baca juga: Penuh Tipuan! Ini Dia 5 Game Seru yang Mirip "Among Us"

Penyebab Kamera HP Buram

1. Lensa Kotor

Kemungkinan penyebab kamera HP buram ialah lensa kamera yang kotor. Kaca yang melindungi kamera HP terkadang terkena sentuhan tangan kalian atau bisa juga kotor oleh debu yang masuk melalui celah-celah lensa.

Galaxy S8 still takes great photos despite fingerprint smudges - CNET
Foto: CNet

2. Kerusakan Fisik

Kamera HP yang buram juga bisa disebabkan oleh kerusakan fisik dari lensa kamera itu sendiri. Hal itu bisa disebabkan bila kalian tidak hati-hati dalam menaruh HP yang kemudian berakibat tutup lensa kamera tergores benda tajam atau pun jatuh dari ketinggian.

8 Reasons Why Your Phone Takes Blurry Photos & How To Solve Them | The  Smartphone Photographer
Foto: The Smartphone Photographer

3. Kemasukan Air

Kasus kamera yang buram karena kemasukan air ini cukup sering terjadi, pasalnya tak jarang kita harus berhujan-hujanan saat musim hujan hingga HP menjadi basah kuyub. Selain membahayakan fungsi kamera, kemasukan air dalam HP juga dapat berakibat fatal dan merusak keseluruhan fungsi perangkat.

Baca juga: Tips & Trik Cara Main Among Us, Auto Win Tanpa Cheat!

Cara Memperbaiki Kamera HP Buram Agar Kembali Jernih

1. Gosok tutup lensa dengan pasta gigi

TOOTHPASTE LIFE HACKS : 14 Steps (with Pictures) - Instructables
Foto: Instructables

Tutup lensa kamera yang tergores bisa menyebabkan kamera HP menjadi buram. Untuk mencegahnya terjadi, kamu bisa gunakan silicon atau motomo sebagai pelindung. Namun, jika sudah telanjur ada goresan pada tutup lensa kamera, bisa disiasati dengan mengoleskan sedikit pasta gigi di depan lensa, kemudian gosok secara perlahan.

Cara ini bisa menghilangkan goresan halus pada permukaan lensa luar tersebut.

Perlu diingat, pasta gigi yang digunakan yaitu pasta gigi putih, bukan yang gel. Apabila masih buram, kalian bisa gunakan cara lain, yaitu dengan mencongkel tutup lensa kamera tersebut menggunakan silet, tapi harus hati-hati.

Setelah selesai, kamu bisa menggantinya dengan tutup yang baru atau jika mau modal gratisan, bisa memakai selotip berwarna bening.

2. Bersihkan kotoran yang menempel

Take Better Photos With Your Phone – greysnet
Foto: greysnet

Kasusnya hampir sama dengan yang di atas, akibat ditaruh sembarangan, debu masuk dan menempel pada lensa dalam sehingga menyebabkan hasil kamera tidak maksimal. Selain debu, bekas sidik jari yang kotor dan menempel di lensa kamera juga bisa menyebabkan kamera jadi buram.

Untuk solusi memperbaikinya, buka casing luar sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian tuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu dan gosok lensa dalam tersebut untuk mengangkat debu dari permukaan lensa.

Sedangkan untuk kasus bekas sidik jari yang kotor, kalian tinggal mengelapnya saja dari luar lensa tanpa perlu membuka tutup lensa.

3. Keringkan HP yang kemasukan air

Il riso non salva lo smartphone bagnato! | MobileWorld

Air yang masuk ke kamera HP tidak hanya terjadi bila HP langsung terkena air. Menaruh HP di tempat dengan kondisi yang terlalu lembap juga dapat membuat lensa kamera terisi bulir-bulir embun. Dengan demikian, akan memengaruhi hasil jepretan kamera tersebut.

Untuk solusi lensa yang sudah kemasukan air atau pun berembun, segeralah matikan HP dan lepas baterai. Kemudian keringkan dengan menjemurnya di depan kipas angin terutama pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri agar suhu HP dapat stabil dan tidak lagi air atau embun yang tertinggal.

Atau kalian juga bisa mengubur HP ke dalam semangkuk beras untuk beberapa jam, karena beras bersifat mudah menyerap air. Tidak direkomendasikan mengeringkan HP menggunakan hairdryer, karena panas dari hairdryer dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

4. Bawa ke servis center

Apple Service Center Dubai | iPhone Repair | iPad Repair - CelMetro
Foto: Celmetro

Cara terakhir ini adalah cara paling ampuh bila ternyata kamera HP buram dikarenakan kerusakan fisik yang lebih spesifik di dalam perangkat. Apalagi bila HP kalian masih berada dalam masa garansi, tentunya akan mendapatkan layanan servis secara gratis dengan ditangani oleh ahli yang profesional di bidangnya.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler