Cara Membuat Stiker WhatsApp di HP Android dengan Mudah

Teknologi.id . February 07, 2021

Foto: Systweak Blog


Teknologi.id - Salah satu fitur yang cukup menarik dan populer di WhatsApp adalah adanya stiker-stiker lucu yang membuat suasana obrolan dengan teman terutama di grup WhatsApp menjadi lebih hidup.

Meskipun di Play Store saat ini sudah banyak tersedia aplikasi penyedia sticker pack WhatsApp yang bisa diunduh dan pakai secara gratis, nyatanya banyak juga yang belum puas dan ingin mengkustomisasi stikernya sendiri.

Nah, bagi kalian yang mempunyai jiwa-jiwa kreatif dan kurang puas hanya dengan stiker-stiker WhatsApp yang tersedia, Teknologi.id sudah merangkum cara membuat stiker WhatsApp di HP Android sendiri dengan mudah. Simak cara-cara selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti 'Nyampah'

Cara Membuat Stiker WhatsApp di HP Android

Ada tiga hal yang harus disiapkan agar ukuran stiker WhatsApp kamu punya kualitas HD dan optimal dipakai saat chatting, yakni:

1. Pastikan sudah download aplikasi membuat stiker WA di Android, yakni Background Eraser, PicsArt, dan Personal Stickers for WhatsApp.

2. Siapkan minimal tiga buah foto untuk dijadikan stiker untuk bisa ditambahkan ke dalam aplikasi WhatsApp.

3. Untuk membuat stiker WA ukuran besar, usahakan ukuran foto yang akan dibuat stiker dalam kualitas HD (resolusi minimal 600 x 600 piksel) dengan ukuran tidak melebihi 1MB.

Baca juga: Aduh, Ini Ciri-ciri WhatsApp Kamu Diblokir Mantan

Setelah ketiganya sudah disiapkan, lanjut ke langkah pembuatan stiker WhatsApp di bawah ini:

1. Pertama download aplikasi Background Eraser.

Background Eraser sendiri berfungsi untuk menghapus latar belakang foto dan mengubah format JPG jadi PNG yang memang dibutuhkan untuk stiker WA.

2. Buka aplikasi Background Eraser yang sudah terpasang kemudian pilih foto dengan ketuk tombol Load a Photo pada tampilan awalnya.

3. Cropping bagian yang dianggap perlu saja. Kemudian hapus background dengan berbagai tools yang disediakan dalam aplikasi.

Atur ukuran penghapus dengan slider di bagian bawah. Ada juga fitur Auto dan Magic untuk menghapus background secara otomatis.Untuk hasil lebih detail, gunakan fitur Zoom untuk memperbesar tampilannya.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

4. Lakukan penghapusan dengan hati-hati agar tidak ada bagian penting yang terpotong. Jika sudah yakin, ketuk tombol Done di bagian atas.

Selanjutnya, berikan efek Smooth agar pinggiran foto gambar WA PNG agar tampak halus. Lalu simpan gambar dengan tombol Save.

5. Selanjutnya download aplikasi PicsArt

PicsArt sendiri adalah aplikasi edit foto yang berfungsi untuk menambah tulisan dan efek lain agar tampilan stiker WA buatan sendiri ini makin menarik saat dipakai untuk chatting.

6. Kemudian buka aplikasi PicsArt yang sudah terpasang dan pada halaman utama ketuk ikon "+" yang ada di bagian tengah.

Lalu pilih foto PNG yang sudah diedit di Background Eraser tadi.

7. Karena hasil cropping tadi mungkin membuat stiker WA jadi berubah ukuran, maka ketuk menu Alat > Ganti Ukuran dan masukkan ukuran stiker WA sebesar 600 x 600 piksel.

8. Stiker WA umumnya menambahkan kata-kata lucu atau kocak untuk membuatnya kian menarik.

Tinggal ketuk menu Teks dan ketikkan kata-kata yang hendak dipakai.

9. Edit tulisan dan tambahkan berbagai efek, misalnya mengganti font, menambahkan garis tepi, menambahkan bayangan, dan lainnya.

Jika sudah tinggal ketuk ikon check di bagian atas.Untuk mulai menyimpan stiker WA dari foto sendiri, tinggal ketuk ikon panah yang ada di bagian atas aplikasi PicsArt.

Baca juga: Cara Jual Foto di Shutterstock, Modal Kamera HP Jadi Cuan!

10. Untuk menyimpan stiker WA yang sudah diedit di PicsArt, tinggal ketuk Simpan dan pilih opsi Simpan foto di perangkat Anda untuk meletakkannya di memori internal.

11. Aplikasi terakhir yang dibutuhkan adalah Personal Stickers for WhatsApp.

12. Pastikan meletakkan semua stiker WA yang hendak ditambahkan dalam sebuah folder yang sama di memori internal. Jangan lupa siapkan minimal tiga stiker WA.

13. Buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp, kemudian akan otomatis mendeteksi folder yang sudah dibuat tadi. Lalu ketuk tombol Tambah dan otomatis stiker WA buatanmu akan ditambahkan ke WhatsApp.

14. Begitu selesai sudah bisa langsung memakainya di grup WhatsApp.

Baca juga: Cara Bikin Status WhatsApp Lebih dari 30 Detik, Emang Bisa?

Itulah cara lengkap membuat stiker WhatsApp di HP Android dengan mudah. Bila kalian sudah menguasainya, untuk membuat 1 stiker hanya butuh waktu kurang dari 5 menit saja hingga stiker siap dipakai untuk berkirim pesan di WhatsApp!

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler