Cara Ganti Background Foto di Photoshop dengan Mudah & Cepat

Teknologi.id . October 27, 2020

Adobe CC buying guide: deals, pricing & free trials - Features - Digital  Arts

Foto: digitalartsonline.co.uk


Teknologi.id - Mengganti background foto menggunakan Photoshop merupakan salah satu dasar editing yang harus dikuasai para pekerja di bidang grafis dan fotografi.

Bagaimana tidak? Dengan kemampuan mengganti background foto, kalian bisa dengan mudah mengkreasikan berbagai produk visual, seperti poster, pamflet, banner, brosur, katalog, dan lain sebagainya menjadi lebih menarik.

Nah, bagi kalian yang sedang belajar mengenai Photoshop dan belum tahu cara melakukan hal di atas, berikut ini Teknologi.id rangkum langkah-langkah cara ganti background foto di Photoshop dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 5 Cara Menghubungkan HP Android ke TV dengan Mudah

Cara Ganti Background Foto di Photoshop dengan Mudah & Cepat

1. Pilih foto yang ingin diganti background

Pertama, kamu harus membuka aplikasi Adobe Photoshop di PC atau laptop kalian. Selanjutnya masukkan foto utama yang hendak dihapus background-nya dengan menu File > Open > Pilih Foto.

Removing a Background from an Image in Photoshop - MicroKnowledge, Inc.

Jika sudah, tinggal klik Open untuk mulai mengedit foto di Photoshop.

2. Duplikat layer foto

Selanjutnya, duplikat layer foto utama tadi dengan klik kanan pada Background Layer pada panel Layar di sebelah kanan bawah. Ketikkan nama pada kolom 'As' sesuka kalian, lalu klik OK.

Duplikat layer ini berfungsi sebagai backup bila terjadi kesalahan yang tidak diinginkan, sehingga kalian masih memiliki layer cadangan.

Layer Visibility

Kemudian hilangkan visibilitas layer Background dengan cara menekan ikon bergambar mata di bagian kiri layer.

3. Seleksi objek

Sekarang langkah terpenting untuk mengganti background foto adalah dengan melakukan seleksi foto. Pada toolbar, kamu tinggal klik dan tahan Lasso Tool hingga muncul tiga pilihan tool lainnya.

Untuk memudahkan pekerjaan, disarankan menggunakan Magnetic Lasso Tool.

SEKOLAH TINGGI ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER : Tutorial Adobe Photoshop CS 2  Tool Seleksi Lanjutan

Atau pun jika kalian sudah mahir, bisa juga gunakan Pen Tool untuk hasil seleksi yang lebih akurat.

Kalian bisa langsung melakukan seleksi pada objek yang hendak ditampilkan. Ikuti bagian pinggir pada foto hingga mengelilinginya.

Removing a Background from an Image in Photoshop - MicroKnowledge, Inc.

Saat melakukan seleksi, kalian bisa klik pada bagian tertentu untuk memberikan anchor point. Jika hendak menghapus anchor point yang salah atau meleset, kalian tinggal tekan tombol Delete.

Baca juga: Cara Agar WhatsApp Centang Satu Walaupun Kita Online

4. Hapus background foto

Lasso Tracing

Setelah selesai melakukan seleksi, bakal muncul garis putus-putus bergerak yang mengelilingi objek.

Untuk menghapus background foto, kamu terlebih dulu bisa membalik seleksi dengan klik menu Select > Inverse. Kemudian tekan tombol Delete untuk menghapusnya.

Strawberry transparency

5. Rapikan objek dan hilangkan mode seleksi

Untuk merapikan bagian pinggir objek agar lebih bersih dari background yang ingin dihilangkan, kalian bisa menggunakan tools seleksi mana saja dan tinggal menekan Delete jika sudah selesai diseleksi.

Untuk lebih cepatnya, kalian bisa menggunakan Magic Wand Tool yang akan secara otomatis menyeleksi bagian background dari objek dengan warna yang kontras.

Magic wand

Setelah itu, kalian tinggal keluar dari mode seleksi dengan menekan tombol Ctrl + D.

6. Ganti background foto

Kemudian, barulah kalian mengganti background di Photoshop dengan memasukkannya ke dalam aplikasi. Tinggal klik dan drag foto dari Windows Explorer ke Photoshop yang sedang dibuka.

Biasanya background baru tersebut akan menimpa objek yang sudah diseleksi, kalian tinggal memindahkan posisi layer background di bawah foto objek yang sudah kamu seleksi tadi agar background bisa di belakang objek.

Final strawberry

7. Simpan foto hasil editan

Terakhir, kalian tinggal menyimpan foto asil editan dengan menu File > Save As. Jangan lupa untuk mengganti tipe file pada kolom Save as type dan isi File Name. Terakhir, tinggal klik Save, deh! Bagaimana, mudah bukan?

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler