Break Timer, Ekstensi Google Chrome Bantu Kamu Atur Waktu Istirahat

Break Timer, Ekstensi Google Chrome Bantu Kamu Atur Waktu Istirahat
Break Timer. Foto: Google Chrome.

Teknologi.id – Beristirahat sesekali adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari pekerjaan, tetapi ketika kamu terlalu serius menggarap suatu proyek mungkin akan sulit untuk mengatur waktu istirahatmu. Jika pekerjaanmu menuntut untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam, kini ada ekstensi browser yang dapat membantumu, yaitu Break Timer.

Break Timer adalah sebuah ekstensi Google Chrome yang dirancang untuk mengingatkanmu beristirahat menatap layar komputer. Ekstensi ini akan memunculkan pop-up pada interval waktu tertentu untuk memastikanmu mendapatkan jam istirahat.

Baca juga: Cara Matikan Pemutar Video Otomatis Saat Browsing di Chrome dan Firefox

The American Optometric Association merekomendasikan untuk beristirahat sejenak dan melihat sesuatu selain komputermu (setidaknya berjarak 20 kaki) setiap 20 menit sekali demi mengurangi ketegangan mata, yang dapat menyebabkan sakit kepala, mata kering, pandangan kabur, dan masalah lainnya.

Penelitian ini juga menemukan bahwa pegawai yang mengambil waktu istirahat pendek sepanjang hari, lebih produktif daripada pegawai yang tetap terpaku sepanjang hari.

Tampilan Break Timer juga bisa kamu ubah, misalnya seperti pemberitahuan desktop yang kecil atau sebagai jendela layar penuh warna. Ekstensi ini juga memungkinkanmu mengatur interval pengingat istirahatmu serta mengatur teks yang akan terlihat ketika pengingat muncul.

Baca juga: Ini Cara Mengaktifkan Private Window Agar History Pencarianmu Tidak Diketahui!

Tidak yakin berapa lama untuk mengatur interval pengingat istirahatmu? Pada 2014, aplikasi produktivitas bernama DeskTime menemukan bahwa pengguna paling produktif menghabiskan rata-rata 52 menit bekerja dan istirahat 17 menit.

Pakar produktivitas lainnya merekomendasikan Teknik Pomodoro yang terdiri dari 25 menit kerja diikuti dengan istirahat 5 menit.

Dapatkan Break Timer untuk Google Chrome di sini.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *