Belum Lolos Kartu Prakerja? 7 Kursus Online Gratis Ini Bisa Jadi Alternatif

Teknologi.id . April 17, 2020

Foto: Scholarship Positions


Teknologi.id - Baru saja diumumkan 200 ribu orang yang dinyatakan lolos mengikuti program Kartu Prakerja tahap 1. Jumlah tersebut ibarat segelintir saja dari total jumlah pendaftar mencapai 5 juta orang.

Memang di tengah masa sulit pandemi COVID-19 ini banyak pekerja dan karyawan yang terpaksa mendapatkan PHK dari perusahaan tempat mereka bekerja, sehingga membuat jumlah pendaftar menjadi membludak.

Bagi kalian yang mendaftar namun belum berkesempatan untuk lolos di program Kartu Prakerja tahap 1, jangan putus asa. Selain bisa sambil menunggu kesempatan gelombang pendaftaran berikutnya, kalian bisa mengikuti kursus-kursus online gratis yang bisa jadi alternatif untuk mengasah soft skill maupun hard skill.

Untuk diketahui, selama masa pandemi COVID-19 ini banyak lembaga-lembaga kursus yang menawarkan program kursus online secara gratis alias tanpa dipungut biaya.

Berikut ini 7 kursus online gratis yang bisa kalian ikuti untuk meningkatkan skill dan kemampuan untuk menunjang pekerjaan atau menambah pengetahuan.

Baca juga: Tahap I, Pemerintah Cuma Terima 200 Ribu Pelamar Kartu Prakerja dari 5 Juta Pendaftar

1. Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online berbasis di Amerika yang membuka banyak kursus online gratis mulai dari bidang  kesehatan, bisnis, seni, sains, dan lainnya.

Beberapa kursus gratis di Coursera diajarkan langsung oleh University of Pennsylvania, University of Michigan, hingga Stanford University.

Kursus online gratis ini bisa diikuti sampai 31 Mei 2020 dengan mengakses website resmi Coursera (coursera.org), kemudian pilih kelas yang bertuliskan free, klik tombol 'Enroll for Free'. pilih 'Purchase Course', kemudian anda bisa melihatnya di daftar checkout.

2. Nikon

Khusus untuk pecinta dunia fotografi, kalian bisa mengikuti Nikon School Online yang menggratiskan layanan kursus fotografi online hingga 30 April mendatang.

Layanan kursus fotografi Nikon cukup memiliki beragam materi seperti teknik dasar memotret beragam objek dan situasi, teknik fotografi makro, cara merekam video menggunakan kamera profesional, dan lain sebagainya yang dipandu langsung oleh para fotografer profesional di bidangnya masing-masing, seperti Reed Hoffman, Chris Hershman, dan lain-lain.

Untuk mengikuti kursus fotografi Nikon, kalian cukup mengunjungi halaman berikut ; https://www.nikonevents.com/us/live/nikon-school-online/

3. edX

edX adalah portal kursus online gratis yang membuka beberapa program kursus yang diisi oleh Harvard dan juga Institut Teknologi Massachusetts.

Beberapa materi kursus online yang diberikan diantaranya ilmu komputer, bahasa, data, bisnis dan manajemen, teknik, hingga humaniora.

Untuk kalian yang berminat mendapat materi kursus dari universitas terkemuka dunia tersebut, bisa langsung kunjungi website edX (discover.edx.org).

4. Oracle

Oracle menawarkan akses gratis material online learning dan certifications untuk Oracle Cloud Infrastructure dan Oracle Autonomous Database.

Program kursus gratis ini sudah tersedia sejak 30 Maret 2020 dan akan berakhir setelah tanggal 15 Mei 2020.

Untuk mengikutinya kalian bisa langsung mengakses  https://www.oracle.com/corporate/blog/free-certifications-oracle-oci-autonomous-033020.html

5. Google

Program pelatihan kursus online Google Digital Garage milik Google menawarkan ratusan materi kursus online gratis dari beberapa pilihan tema yang bisa diambil.

Pelatihan didalam Google Digital Garage sendiri lebih fokus terhadap mengasah skil marketing untuk membuka usaha digital.

Bagi yang berminat kalian cukup mengakses  https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage/courses

Baca juga: Angin Segar di Tengah COVID-19, Biaya Perawatan Gratis hingga Melonjaknya Jumlah Pasien Sembuh

6. Microsoft

Bertajuk Training: Azure 900 Fundamental For Education, Microsoft menawarkan kursus online gratis yang dibawakan oleh para senior di Microsoft.

Ada 5 modul yang nantinya akan dipelajari, yakni Introduction to Azure, Cloud Concepts, Core Azure services, Azure Pricing and Support, dan yang terakhir Security, Privacity, Compliance and Trust.

Untuk mengaksesnya kalian cukup pergi ke halaman ini ; https://info.microsoft.com/US-AzureApp-CATALOG-FY20-05May-12-TrainingAzure900fundamentalsforeducation-SRDEM15957_CatalogDisplayPage.html

7. Speaky

Speaky menyediakan platform untuk mengasah kemampuan berbicara berbahasa inggris.

Dengan platform ini kalian bisa dipertemukan dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia yang akan menjadi lawan bicaramu menggunakan bahasa inggris.

Bagi kalian yang ingin mengasah kemampuan berbahasa inggris, bisa langsung mendaftar di https://www.speaky.com atau mengunduh aplikasi Speaky di perangkat Android maupun iOS.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar