Anti Buffering! Trik Ini Bikin Streaming di HP Auto Ngacir!

Teknologi.id . November 09, 2020
Telco Ombudsman sees decrease in internet and mobile service complaints |  Sunrise
Foto: 7News


Teknologi.id - Saat ini smartphone selain menjadi alat komunikasi yang canggih juga menjelma menjadi paket hiburan yang super lengkap. Mulai dari bermain game mobile, memainkan musik, hingga menonton video atau pun film secara live streaming.

Namun sayangnya, untuk hiburan yang disebut paling terakhir tersebut, saat ini banyak pengguna yang masih belum bisa menikmati menonton video atau pun film streaming secara lancar.

Banyak pengguna yang mengeluhkan seringnya terjadi buffering di tengah-tengah proses streaming, sehingga menyebabkan hiburan menonton video atau film yang seharusnya menyenangkan malah justru menjadi menyebalkan.

Nah, untuk mengatasinya, Teknologi.id punya beberapa trik ampuh agar streaming di perangkat smartphone auto ngacir. Simak trik selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Pakai Fitur Baru WhatsApp untuk Menghemat Memori HP

Trim Ampuh Streaming di HP Auto Ngacir

1. Bersihkan cache di HP

Cara Mengatasi Ponsel Android yang Mulai Lemot | nokiafans.id
Foto: HackersOf

Menerima cache di smartphone saat kamu browsing memang akan mempercepat koneksi jaringan provider-mu. Namun, jika kelamaan tidak dibersihkan dan kelamaan menumpuk juga akan berakibat buruk pada smartphone milikmu. Di mana, tumpukan cache ini akan memperlambat koneksi jaringan di smartphone-mu. 

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi agar tidak terjadi buffering adalah menghapus seluruh cache di smartphone-mu. Dengan begitu, streaming film bisa kamu nikmati.

2. Tutup aplikasi lain

How to Close Background Apps in Android | Tom's Guide
Foto: Post News Media

Sebelum melakukan streaming, baik melalui website maupun aplikasi sebaiknya kamu menutup terlebih dahulu beberapa aplikasi yang masih berjalan, tapi tidak kamu gunakan. Karena, ketika kamu tidak menutup aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan ini, internet yang kamu gunakan pun akan terbagi-bagi.

Hasilnya, buffering-lah film yang sedang kamu tonton tersebut. Oleh karena itu, lebih baik tutup terlebih dahulu. Menutupnya akan memudahkanmu dalam streaming film tanpa hambatan sama sekali.

3. Uninstall aplikasi tidak penting

Foto: AndroidPit

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Selain menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan sebelum streaming film dilakukan, kamu pun bisa uninstall beberapa aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan sama sekali. Biasanya aplikasi ini hanya kamu install karena penasaran hingga akhirnya sama sekali tidak digunakan.

Meski aplikasi ini tidak tersentuh sama sekali olehmu, tapi aplikasi ini pun dapat mengurangi kecepatan streaming yang kamu lakukan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu uninstall saja aplikasi yang tidak digunakan agar aktivitas yang kamu lakukan di smartphone bisa dilakukan bebas tanpa ada hambatan sama sekali.

4. Atur ke jaringan 4G LTE

Activate 4G LTE on your phone - here's how to do it
Foto: Engineere

Faktor yang sangat penting saat kamu melakukan streaming film adalah koneksi jaringan. Pintar memilih jaringan dapat membuatmu lebih mudah melakukan segala hal melalui smartphone, khususnya untuk streaming film. Untuk itu, gunakanlah jaringan 4G LTE, karena saat ini di Indonesia itulah jaringan dengan kecepatan terbaik, meskipun di negara-negara lain sudah menerapkan teknologi 5G.

Baca juga: 5 Teknologi Kuno yang Sangat Canggih

5. Gunakan Wi-Fi

How to secure your phone's portable Wi-Fi hotspot - Science & Tech - The  Jakarta Post
Foto: HTC

Bila poin nomor 4, yaitu mengatur jaringan ke jaringan 4G LTE tidak cukup membantu, kalian bisa menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitarmu. Hal ini karena jaringan Wi-Fi biasanya lebih kencang dan lebih stabil dibandingkan jaringan seluler, sehingga jika menggunakan Wi-Fi untuk melakukan streaming, umumnya akan lebih lancar tanpa adanya buffering.

6. Install aplikasi anti virus di HP

Why Phone Antivirus Software Is A Waste Of Time
Foto: Gizmodo Australia

Trik terakhir yang bisa kamu gunakan di smartphone adalah dengan install aplikasi antivirus. Hal ini bertujuan agar streaming yang kamu lakukan tidak membawa virus di smartphone-mu. Di mana, ketika kamu mulai streaming film ada banyak virus yang berjalan di belakang perangkatmu dan otomatis koneksi jaringanmu pun akan lambat. 

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler