Alasan Apple Tak Berikan Adaptor dan Earbuds di iPhone 12

Annisa Fadillah . October 15, 2020

Foto : Gadgets 360

Teknologi.id - Apple mengatakan bahwa iPhone terbarunya akan diproduksi menggunakan bahan rare-earth daur ulang, sebagai bagian dari inisiatif lingkungan yang memiliki implikasi geopolitik.

Diumumkan sebagai bagian dari serangkaian tindakan keberlanjutan, Apple mengatakan langkah tersebut didasarkan pada inisiatif sebelumnya, termasuk janjinya untuk menjadi "100% carbon neutral" di semua aspek bisnisnya.

Kepala kebijakan lingkungan Apple, Lisa Jackson, membahasnya selama acara online saat peluncuran iPhone 12 baru. Jackson mengatakan bahwa "untuk pertama kalinya, kami menggunakan 100% elemen rare-earth daur ulang di semua magnet termasuk kamera, haptics, dan MagSafe (konektor)."

Dilansir dari website resminya, semua perangkat iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch yang dirilis mulai tahun lalu, dibuat dengan konten daur ulang, termasuk 100% elemen rare-earth yang didaur ulang di iPhone Taptic Engine. Hal itu juga sebagai yang pertama untuk Apple dan semua jajaran smartphone.

Baca Juga : Jadwal Penjualan dan Harga iPhone 12 Terbaru

Pengumuman itu muncul di tengah kekhawatiran yang berkembang tentang limbah elektronik dari miliaran smartphone dan meningkatnya ketegangan politik atas bahan rare-earth yang dibutuhkan untuk banyak perangkat elektronik.

Para aktivis juga telah menyatakan keprihatinan mereka tentang dampak lingkungan dari penambangan rare-earth ini, terlebih beberapa bahan berasal dari negara-negara yang "terindikasi kasus pelanggaran ketenagakerjaan dan hak asasi manusia".

Dilansir dari Gadgets 360, salah satu kasusnya adalah di China, tempat terjadinya kecelakaan penambangan yang fatal dan pembuangan limbah beracunnya di Baotou, Mongolia Dalam, saat Beijing mendorong produksi global unsur rare-earth.

Apple juga mengatakan tidak akan menyertakan earbuds atau adaptor daya dengan iPhone terbaru, karena sebagian besar pelanggan sudah memilikinya. Itu akan mengurangi produksi dan membuat kotak lebih ringan untuk dikirim.

Langkah itu juga dapat dinilai sebagai upaya Apple untuk mengurangi limbah dan menggunakan lebih sedikit bahan. Apple berjanji untuk menjadi netral karbon (100% carbon neutral) di seluruh bisnisnya, termasuk rantai pasokan manufakturnya, pada tahun 2030 dalam upaya melawan perubahan iklim.

Baca Juga : Apple Resmi Luncurkan Jajaran iPhone 12

(af)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler