Apple Resmi Luncurkan Jajaran iPhone 12

Teknologi.id . October 14, 2020


Apple introduces iPhone 12 Pro and iPhone 12 Pro Max with 5G - Apple
Foto: Apple


Teknologi.id - Apple akhirnya resmi meluncurkan jajaran iPhone 12 dalam sebuah acara bertajuk "Hi, Speed" yang digelar secara virtual, Selasa (13/10/2020) pagi waktu setempat (PDT) atau Rabu dini hari tadi pukul 00.00 WIB.

Sesuai prediksi yang ramai beredar, produk teranyar Apple ini diluncurkan dalam empat varian, yakni iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max Pro. 

Varian terendah, iPhone 12 Mini dikabarkan bakal hadir dengan ukuran layar seluas 5,4 inci, sementara iPhone 12 dan iPhone 12 Pro akan memiliki layar 6,1 inci. Sedangkan untuk varian model tertinggi, yakni iPhone 12 Pro Max, akan memiliki bentang layar sebesar 6,7 inci.

Keempat varian iPhone 12 tersebut sudah ditenagai dengan chipset terbaru bikinan perusahaan, Apple A14 Bionic, serta sudah mendapat dukungan jaringan 5G.

"Kita sudah sampai di era baru. Hari ini, kami memboyong dukungan 5G untuk pertama kalinya ke jajaran iPhone," ujar CEO Apple, Tim Cook, di panggung acara virtual.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max Pro.

Spesifikasi singkat lini iPhone 12

Bagian depan keempat iPhone 12 ini mengandalkan layar dengan panel berjenis OLED Super Retina XDR.

Bagian atasnya juga masih dihiasi poni (notch) lebar khas Apple yang sudah menemani pengguna sejak iPhone X. Modul ini memuat satu kamera selfie dan sebuah sensor yang berfungsi sebagai sistem biometrik Face ID.


iPhone 12 in blue, red, white, green, and black aluminum finishes.
Foto: Apple


Ada notch tersebut membuat tampilan keempat iPhone 12 sekilas sama persis dengan generasi sebelumnya, yakni trio iPhone 11. Perbedaan terletak di bingkai ponsel yang kini tampak menyiku (squared), tidak membulat (rounded), mirip seperti desain bingkai iPhone 4, iPhone 5, dan iPhone SE (2016), serta iPad Pro dan iPad Air 2020.

Sementara untuk perlindungan bagian layar, keempatnya dilindungi oleh ceramic shield, yang merupakan teknologi pelindung kaca terbaru Apple hasil kerjasama dengan Corning. Apple mengklaim layar ponselnya 4 kali lebih tahan jatuh dari sebelumnya.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Di sektor fotografi utama, iPhone 12 Mini dan iPhone 12 dilengkapi dengan dua kamera yang ditampung dalam modul persegi, terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.6, wide) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4, berbidang pandang 120 derajat).


iPhone 12 and iPhone 12 mini in the blue aluminum finish.
Foto: Apple


Sedangkan untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sedikit berbeda, lantaran dilengkapi dengan tiga kamera yang ditampung dalam modul persegi, mencakup kamera utama 12 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP.


A back view of iPhone 12 Pro shows off the lenses of the device’s pro camera system.
Foto: Apple


Baca juga: Harga iPhone 12 Terbaru dan Jadwal Penjualannya

Di bagian dapur pacu, keempatnya sudah ditanamkan prosesor A14 Bionic yang diklaim menjadi chipset tercepat di dunia saat ini. CPU dan GPU chipset ini disebut 50 persen lebih cepat dari chipset lain. Chipset ini dibuat dengan pemrosesan 5nm yang disebut bisa meningkatkan performa sekaligus menghemat baterai.


A14 Bionic FAQ: What you need to know about Apple's 5nm processor | Macworld
Foto: MacWorld


Sementara itu, teknologi 5G yang ditawarkan Apple di lini iPhone 12 disebut bisa mencapai kecepatan kondisi harian hingga 1 Gbps serta mencapai 4Gbps pada kondisi ideal.

Keempat iPhone ini juga sudah dibekali dengan sertifikasi IP68 dan diklaim bisa kuat di bawah air dengan kedalaman enam meter selama 30 menit.

Selengkapnya mengenai perbandingan spesifikasi iPhone 12, simak di sini: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max Pro.

Sedangkan untuk harga masing-masing varian dan jadwal penjualan selengkapnya simak di sini: Harga iPhone 12 Terbaru dan Jadwal Penjualannya

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler