5 Game Engine Gratis Terbaik untuk Para Calon Game Developer Indie

Indah Mutia Ayudita . August 06, 2020

Ilustrasi. Foto: GamesRadar

Teknologi.id - Game indie menjadi salah satu jenis game yang banyak diminati saat ini. Banyak pengembang-pengembang game mandiri yang fokus membuat gamenya sendiri dan meningkatkan penggunaan game engine.

Game engine menguntungkan pengembang karena bisa menyelesaikan banyak permasalahan untuk semua permainan yang dibuat. Mulai dari mode input pengguna, pencahayaan, rendering, dan lain-lain, sehingga para pengembang game bisa fokus pada bagian-bagian terpentingnya saja.

Ada banyak game engine gratis yang bisa digunakan untuk mewujudkan game impianmu, berikut Teknologi.id rangkum beberapa diantaranya.

1. Godot

Foto: Tangkapan layar/Teknologi.id

Godot adalah solusi untuk mengembangkan game 2D maupun 3D lintas platform yang bisa kamu gunakan secara gratis. Bahasa pemrograman yang didukung Godot antara lain adalah C++, C# dan GDScript. Godot juga mudah diprogram dan dipelajari bagi para pemula dengan fitur scene dan node untuk kemudahan pengembangan game.

Baca juga: Fall Guys: Ultimate Knockout, Calon Game Populer Di Akhir 2020

2. Armory

Foto: Tangkapan layar/Teknologi.id

Armory adalah game engine open source yang terintegrasi dengan perangkat lunak animasi 3D Blender. Blender merupakan aplikasi populer bagi para pengembang game indie 3D dan Armory membantu mereka sehingga tidak perlu berpindah-pindah program untuk mengembangkan game. Jika kamu familiar dengan Blender, kamu tidak akan bingung menggunakan game engine yang satu ini.

3. Unity

Foto: Tangkapan layar/Teknologi.id

Unity adalah satu game machine untuk semua, menjadikannya mesin game paling populer. Unity telah digunakan untuk membuat game populer seperti Pokemon Go, Hearthstone, dan masih banyak lagi. Unity juga bekerja sama dengan Microsoft sehingga kamu bisa menggunakan Visual Studio sebagai editor. Unity tidak sepenuhnya gratis jika kamu berencana memasarkan game yang kamu buat, namun untuk latihan dan penggunaan personal, Unity bisa kamu gunakan secara gratis.

Baca juga: Microsoft Umumkan Tanggal Rilis Layanan Cloud Game Mirip Netflix

4. Unreal Engine

Foto: Tangkapan layar/Teknologi.id

Siapa yang tidak kenal Unreal? Jika kamu pemain Fortnite, PUBG, atau Kingdom Hearts 3, game-game keren tersebut dibangun dengan menggunakan Unreal Engine. Kemampuan grafisnya yang terbaik dikelasnya. Pemrograman yang didukung adalah dengan menggunakan bahasa C++, namun dengan Blueprints, pengembang bisa membuat game tanpa menuliskan kode.

5. CryEngine

Foto: Tangkapan layar/Teknologi.id

CryEngine adala game machine untuk menghadirkan grafik canggih 3D. Dengan dukungan VR dan efek visual yang canggih, CryEngine sangat menarik untuk para pengembang yang ingin membuat game dengan grafik yang realistis seperti foto atau game pada platform generasi terbaru. Jika kamu ingin mengembangkan game tingkat tinggi, mungkin harus mempertimbangkan menggunakan game engine ini.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya