Microsoft Umumkan Tanggal Rilis Layanan Cloud Game Mirip Netflix

Indah Mutia Ayudita . August 04, 2020

Seorang pelanggan mencoba xCloud pada acara pembukaan toko Microsoft di London pada tahun 2019. Foto: Getty Images/Peter Summers

Teknologi.id - Microsoft mengumumkan akan segera merilis layanan cloud gaming-nya yang mirip dengan Netflix pada tanggal 15 September 2020 nanti. xCloud merupakan tambahan untuk layanan Xbox Game Pass Ultimate yang dikenakan biaya langganan USD 15 per bulan.

Versi beta xCloud akan disematkan pada aplikasi Game Pass mulai tanggal 15 September nanti. Pengguna akan bisa langsung memainkan game dari ponsel atau tabletnya.

Aplikasi ini akan tersedia pada perangkat Android di 22 negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Korea Selatan. Microsoft menyebutkan xCloud akan tersedia juga untuk PC, namun belum ada tanggal rilis yang ditetapkan.

Baca juga: Apple Hapus Ribuan Game Asal Cina yang Tak Berlisensi

Pengguna bisa memilih lebih dari 100 game pada saat perilisan. Microsoft tidak membocorkan judul apa saja yang akan tersedia, namun beberapa judul seperti Destiny 2, Gears of War 5, Grounded, Halo 5, Minecraft Dungeon disebutkan menjadi beberapa diantaranya.

Cloud gaming adalah kemampuan untuk memainkan game dari cloud tanpa harus membeli konsol atau komputer gaming untuk memainkan gamenya. Teknologi ini sering disebut sebagai 'Netflix untuk Game'.

Selain Microsoft, Google juga meluncurkan platform streaming-nya yang disebut Stadia tahun lalu. Nvidia turut memeriahkan kompetisi cloud gaming dengan GeForce, meskipun sedang mengalami masalah dengan pengembang game.

Baca juga: Terganggu Notifikasi saat Bermain Game? Berikut Cara Mengatasinya

Sony sudah lebih dulu menyediakan layanan langganan PlayStation Now meskipun hanya tersedia untuk PlayStation 4 dan PC.

Microsoft juga akan menyediakan kontroler dan aksesori yang bisa mendukung cloud gaming, hasil kerja sama dengan beragam perusahaan penyedia hardware gaming.

Salah satunya adalah kontroler Razer yang bisa dipasang ke ponsel pintar dengan stik analog dan tombol di sisi yang lain, mirip konsol Switch secara sekilas.

Kontroler untuk xCloud dari Razer. Foto: Microsoft

Microsoft saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan konsol Xbox Series X-nya yang akan bersaing langsung dengan PlayStation 5 buatan Sony.

Secara umum, sektor video game mengalami peningkatan yang tajam selama pandemi Covid-19 dan kebijakan lockdown di seluruh dunia. Dalam laporan perempat tahunannya, Microsoft menyebutkan pendapatannya dari Xbox meningkat sampai 65%.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya