4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Seputar Hacking!

Amanda Rayta Putri . September 22, 2022

Foto: ekrut.com

Teknologi,id- Pekerjaan dibidang hacking atau cybersecurity kini menjadi bidang pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Semua perusahaan memerlukan orang yang ahli dalam bidang cybersecurity untuk menghandle dan bisa melindungi server kantor. Terutama, mengenai data pribadi. Meski, bisa mengambil jurusan yang sama atau yang selaras (berkaitan dengan IT). Tapi, guna untuk mempertajam pengetahuan dan skill tentang hacking maupun cybersecurity. Bisa juga dengan mengambil kursus online yang sudah bersertifikat Internasional.

Kamu yang tidak memiliki latar belakang jurusan tersebut atau IT. Tetap, bisa kok untuk belajar cybersecurity loh. Salah satunya dengan kursus online berikut ini yang kita bahas dan bisa untuk semua kalangan. Asalkan, komitmen dan selalu lulus untuk menyelesaikan setiap kursus dan ujiannya.

Baca juga: Jadi Hacker Digaji? Ini Nominalnya!

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Seputar Hacking

1. Introduction to Ethical Hacking (Linkedln)

Foto: hostingdata.co.uk

Saat ini Linkedln juga mempunyai berbagai kursus online yang dimana sertifikatnya juga bisa ditampilkan pada profil Linkedlnmu juga. Untuk yang mau belajar bidang seputar hacking. Linkedln punya kursus onlinenya yang bernama,  Introduction to Ethical Hacking. Kursus tersebut dalam bentuk self-learing yang terdiri dari 27 video. Ada beberapa aspek yang dipelajari yaitu, Ehtical Hacking Overview, Information Security Controls, Data Protection in Digital World. Ada 4 kuis setiap tingkatannya. Untuk kursusnya berbayar sekitar Rp400.000 termasuk pajak sebesar 11 persen.

2. Learn Ethical Hacking From Scratch (Udemy)

Foto: venturelessons.com

Udemy memang merupakan salah satu platfrom kursus terbaik yang banyak diambil banyak orang. Termasuk, untuk kursus seputar hacking yang terbaik yaitu, Learn Ethical Hacking From Scratch. Adapun yang dipelajari pada kursus ini antara lain, Network Hacking, Gaining Access,  Post Exploitation dan Website / Web Application Hacking. Ada lebih dari 100 video yang siap untuk memberikan pengetahuanmu seputar hacking. Tak hanya itu saja dengan kursus ini kamu juga mendapat 2 artikel yang membahas tentang hacking dan 23 sumber yang bisa kamu download sendiri. Untuk kursusnya juga berbayar sebesar Rp700.000. Tapi, terkadang suka ada diskon untuk pembelian kursus di Udemy.

Baca Juga: Polri Buka Peluang Gandeng Pihak Luar Negeri untuk Buru Hacker Bjorka

3. Cybersecurity for Managers: A Playbook (MIT Management Excecutive Education)

Foto: youtube.com

Buat kamu yang tidak dapat berkuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT).Kamu bisa merasakannya dengan mengikuti kursus online yang diselenggarakan langsung dari pihak MIT dan pengajarnya juga merupakan Dosen MIT. Materi yang diajarkan antara lain, Understanding the Threat Landscape, Cyber Management, Risk Expouse hingga Ethics in Cybersecurity. Berbeda dengan kursus lainnya yang bisa dibeli kapan saja. Kursus MIT ini memiliki jadwal yang sudah ditentukan. Lama durasinya sekitar 6 minggu. Jadi seolah-olah kamu kuliah di MIT. Biayanya sekitar USD$2.800 atau sekitar Rp42 Juta.

4. Cybersecurity Specialisation by University of Maryland (Coursera)

Foto: securitygladiators.com

Cousera memiliki kursus Cybersecurity Specialization yang bekerja sama dengan University of Maryland. Ada 5 aspek yang bakal kamu pelajari yaitu, Usable Security, Software Security, Cryptography, Hardware Security dan Cybersecurity Capsone Project. Melalui kursus ini kamu dapat banyak skill. Antara lain, software testing, cyrptography, SQL Injection dan masih banyak lagi. Lama kursusnya kurang lebih sekitar 8 bulan karena terdapat banyak project. Untuk tingkatnya minimal tingkat Intermediate. Jadi, lebih diperuntukan bagi yang sudah memiliki basicnya. Sebenarnya, kursus ini gratis. Tapi, jika kamu tidak bisa klaim gratis kamu juga bisa klaim untuk yang berbayar.

Baca juga: Hacker Bjorka Ternyata Punya 127 BTC, Setara dengan 41 Miliar Rupiah!

Gimana, sudah siap untuk upgrade skill seputar cybersecurity? Buat, yang memiliki latar belakang pendidikan bidang tersebut bisa dijadikan sebagai tambahan skill agar semakin yakin bisa mendapatkan pekerjaan bidang tersebut. Nah, buat yang bukan berlatar belakang bidang tersebut bisa jadi pengetahuan dan cadangan skill bukan tidak mungkin bisa untuk persiapan bagi yang ingin carrer shifting!

(arp)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar