3 Aplikasi Deepfake yang Bisa Kamu Gunakan untuk Hiburan

Indah Mutia Ayudita . December 19, 2020

Ilustrasi Deepfakes. Foto: CNet

Teknologi.id - Deepfake bisa digunakan untuk memanipulasi video dan GIF. Teknologi ini sekarang jauh lebih mudah digunakan lewat aplikasi di smartphone. Hal ini juga merupakan contoh perkembangan teknologi yang mengesankan.

Dengan aplikasi deepfake, kamu bisa mengubah wajah dalam video dan GIF tanpa merusak elemen asli lainnya. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi deepfake terbaik jika kamu ingin mencobanya.

1. Reface

Foto: Reface

Dengan Reface, kamu dapat mengganti wajah pada GIF dengan wajahmu. Yang harus dilakukan adalah cukup dengan mengunggah gambar dari galeri atau mengambil foto selfie baru, aplikasi secara otomatis akan mendeteksi wajahmu dan melakukan deepfake di GIF yang dipilih. Reface juga menganimasikan wajah yang diunggah sedemikian rupa, sesuai dengan ekspresi di GIF asli, sehingga tidak terlihat janggal. Reface tidak membatasi jumlah pengeditan klip. Kamu dapat menggunakan kata kunci untuk mencari GIF apa pun di web (selama masih memiliki wajah manusia), lalu mengeditnya. Reface tersedia di iPhone, iPad, dan perangkat Android. Sebagian besar fiturnya gratis, tetapi ada biaya berlangganan jika tidak ingin ada watermark pada hasil fotonya.

Baca juga: Cara Menyisipkan File PDF pada Dokumen Word

2. Jiggy

Foto: Jiggy Magic Dance

Jiggy adalah aplikasi deepfake yang menawarkan banyak video dansa konyol yang bisa diganti dengan wajahmu (atau orang lain) dengan mengupload foto. Konsepnya sama dengan Reface, hanya saja Jiggy juga memindai tubuh bagian atas sehingga bisa ditempel pada karakter menari dengan lebih akurat. Aplikasi ini juga menyesuaikan output dengan apa pun yang dikenakan orang di gambar. Jiggy juga menganimasikan ekspresi dan gerakan wajah hingga hasilnya lebih natural. Jiggy tersedia di iPhone, iPad, dan perangkat Android secara gratis, namun, untuk mengakses video tarian dan hasil tanpa watermark, kamu perlu membayar biaya berlangganan premium.

Baca juga: Cara Praktis Download Insta Story di Instagram

3. Impressions

Foto: Youtube/QuHarrison Terry

Aplikasi Impressions bisa digunakan untuk meniru identitas selebriti secara digital. Beberapa wajah figur terkenal seperti Barack Obama, Cristiano Ronaldo, dan Jennifer Aniston bisa 'dipinjam' dengan aplikasi ini. Sedikit berbeda dari kedua aplikasi di atas, dimana keduanya menyediakan template GIF dan video, pada Impressions, pengguna diminta untuk memilih wajah selebriti yang diinginkan, lalu rekam videonya. Pengguna juga bisa mengunggah video dari gallery ponsel. Dalam beberapa menit, Impressions akan menghasilkan deepfake dengan wajah selebriti, bukan wajah pengguna. Impressions juga menambahkan katalog rekaman audio dari film populer dan adegan TV yang dapat dimainkan sebagai konten video lipsync. Impressions mengupload dan memproses video di servernya, sehingga untuk menjalankan apalikasi ini pengguna harus terhubung dengan koneksi internet. Pengguna juga dapat meminta perusahaan untuk menghapus datanya dari server lewat setelan aplikasi. Saat ini, Impressions baru tersedia di iPhone dan iPad, tetapi perusahaan mengklaim versi Android akan segera hadir. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis namun pada hasil akhir akan ada watermark pada video buatanmu. Jangan khawatir, watermarknya tidak akan mengganggu hasil video.

(im)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler