10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Pemrograman Python (Bag.1)

Python Programming. Foto: Imagenesmy.com

Teknologi.id – ‘Python’, bukankah namanya sendiri terdengar menarik?. Nah, ada banyak hal menarik yang perlu Kamu ketahui tentang bahasa pemrograman Python. Beberapa di antaranya dapat membantu, sementara fakta lainnya kurang penting. Bagaimanapun, berikut adalah 10 fakta menarik tentang pemrograman Python.

10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Pemrograman Python (Bag.1)

1. Mengapa dikenal sebagai ‘Python’

Ini adalah fakta menarik pertama tentang bahasa ini. Mengapa nama ‘Python’ dan bukan nama lain? Apakah pencipta bahasa ini memiliki ikatan dengan ular python?.

Menurut pencipta Guido Van Rossum, nama bahasa ini berasal dari seri komedi Inggris “Monty Python Flying Circus”. Komedi itu ditayangkan di BBC pada tahun 1970-an dan memberi sang pencipta semacam hiburan selama perkembangan bahasa. Juga, Van Rossum menginginkan nama yang pendek, dan misterius. Sesuatu yang akan menarik perhatian semua orang.

Baca juga:  4 Library Python Terbaik untuk Machine Learning

2. Python telah menyusul Prancis di sekolah dasar

Yang ini terdengar menarik kan?. Percaya atau tidak, pada 2015, Python menyalip bahasa Prancis menjadi bahasa terpopuler yang diajarkan di sekolah dasar. Statistik mengungkapkan bahwa 6 dari 10 orang tua lebih suka anak-anak mereka belajar Python daripada Perancis. Ini hanya menunjukkan bahwa banyak orang menghargai pentingnya pemrograman Python.

Hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Statistik yang sama mengungkapkan bahwa 75% anak sekolah dasar lebih suka belajar bagaimana mengendalikan robot daripada belajar bahasa Prancis.

3. Python tidak memerlukan kompiler

Sebagai bahasa tingkat tinggi dan ditafsirkan, Python tidak memerlukan kompiler. Tidak seperti Java dan C ++ yang harus dikompilasi terlebih dahulu sebelum ditafsirkan. Untuk Python ini bergantung pada aplikasi yang dikenal sebagai juru bahasa.

Kode byte Python disimpan dalam bentuk file .pyc yang kemudian dijalankan oleh mesin virtual yang sesuai. Mesin ini bertindak sebagai mesin run-time dari Python.

Baca juga: 4 Alat Pemrograman Python Terbaik untuk Data Science

4. Python memiliki varian C dan Java

Meskipun merupakan bahasa pemrograman independen, Python memiliki varian untuk bahasa pemrograman C dan Java. Varian C dikenal sebagai CPython dan dirancang untuk memberikan Python keuntungan dari C. Salah satu karakteristik ini adalah dalam hal kinerja. Varian dapat bertindak baik sebagai penerjemah dan sekaligus sebagai kompiler.

Varian Java dari Python dikenal sebagai Jython. Jython membawa beberapa aspek kunci Java seperti produktivitas dan memungkinkan mereka untuk berjalan di mesin virtual.

5. Python adalah bahasa open source

Terlepas dari popularitas besar yang dinikmati, Python adalah bahasa open source. Ini berarti bahwa Python memiliki semua fitur bahasa open source dan tidak memiliki lisensi kepemilikan yang mengontrol siapa yang menggunakannya.

Sebagai bahasa open source, anggota komunitas Python diizinkan untuk memberikan kontribusi mereka ke ekosistem Python.

Itulah 5 dari 10 fakta menarik tentang pemrograman Python. Masih ada 5 fakta menarik lainnya tentang bahasa pemrograman Python yang akan di bahas pada (Bag.2) selanjutnya. Tunggu update dari kami ya!

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *