YouTuber Ini Modifikasi PS5 'Slim' Versi DIY, Tebalnya Cuma 2 Cm!

Teknologi.id . June 21, 2022

Foto: DIY Perks

Teknologi.id - PlayStation 5 atau biasa disebut PS5 memang terkenal dengan ukuran bodinya yang lumayan besar dan tebal. Merasa tertantang, seorang YouTuber bernama Matthew Perks alias DIY Perks akhirnya memodifikasi PS5 miliknya hingga menjadi super tipis.

YouTuber yang memang terkenal dengan konten modifikasi DIY (Do it Yourself) gadget ini berhasil memodifikasi PS5 versi digital yang memiliki ketebalan 9,2 cm menjadi hanya 2 cm saja.

Jika dihitung, total proyek ambisius Perks ini berhasil mengurangi ketebalan perangkat PS5 tersebut hingga 78%, dan membuat ukurannya tidak lebih besar dari perangkat DVD Player.

Baca juga: Sangat Realistis! Begini Tampilan Game MotoGP 22 di PS5

Foto: DIY Perks

Dalam proses modifikasinya tersebut, Perks membongkar dan mengeluarkan semua komponennya agar muat dimasukkan ke casing baru yang lebih kecil. Satu-satunya komponen yang bisa diselamatkan dari PS5 asli hanya motherboard saja.

Salah satu komponen yang paling memakan tempat yakni sistem pendingin canggih, diganti oleh Perks dengan sistem pendingin baru menggunakan water cooling,

Power supply internalnya juga dikeluarkan dan diganti dengan power supply eksternal untuk menghemat tempat. Tapi power supply eksternal ini ukurannya cukup besar dan membutuhkan banyak kabel untuk dihubungkan dengan PS5 modifikasi, jadi perlu disembunyikan kalau mau terlihat rapi dan estetis.

Foto: DIY Perks

Percobaan pertama Perks sempat gagal karena PS5 modifikasinya mengalami overheat saat dipakai memainkan Astro's Playroom. Ia kemudian mengerahkan konsol PS5 kedua, dan setelah membuat beberapa perubahan, percobaan keduanya berhasil dan bisa digunakan untuk memainkan Horizon Forbidden West dengan lancar.

Sementara itu, produsen PS5 yakni Sony, diperkirakan akan meluncurkan PS5 Slim meski belum diketahui kapan waktu pastinya. Sony diketahui memang selalu merilis PlayStation edisi Slim untuk setiap generasi, dengan PS3 Slim dan PS4 Slim yang hadir tiga tahun setelah versi originalnya.

Namun karena krisis chip global yang masih terus berlangsung hingga saat ini, kemungkinan PS5 Slim tidak akan hadir dalam waktu dekat.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar