Kronologi Seluruh Seri Game Assassin’s Creed

Super Intern . October 20, 2020

Foto: GAMERANT


Teknologi.id - Game Assassin’s Creed bukan lah sesuatu yang asing bagi pecinta game. Ada yang sudah memainkan seluruh franchise game tersebut, ada yang hanya memainkan satu atau beberapa game Assassin’s Creed, ada juga yang sudah mendengar tentang game tersebut tapi belum memainkan.

Assassin’s Creed pertama kali dirilis pada tahun 2007 oleh Ubisoft. Sampai saat ini total franchise utama Assassin’s Creed ada 11 game. Nantinya akan menjadi 12 pada bulan November ketika Assassin's Creed: Valhalla dirilis. Seluruh game Assassin’s Creed dapat dimainkan melalui Playstation, Xbox, dan PC.

Alur game ini menceritakan tentang perang antara Assassin dan Templar. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu perdamaian. Tetapi Assassin melakukannya dengan keinginan bebas, sedangkan Templar melalui kontrol dan ketertiban. Game ini menampilkan karakter fiksi, sejarah fiksi, dan ilmiah fiksi yang terkait dengan tokoh sejarah serta peristiwa yang nyata.

Untuk melihat kehidupan para Assassin, diciptakan lah mesin bernama The Animus oleh Abstergo Industries yang merupakan garda depan aktivitas modern Templar. Mesin ini memungkinkan pengguna untuk membaca memori genetik subjek dari leluhur mereka dan memproyeksikan ke layar eksternal dalam tiga dimensi. Metode ini lah yang terjadi di setiap game Assassin’s Creed, dengan mengupas sejarah pada Assassin melalui keturunan mereka,untuk mencari suatu barang yang akan digunakan Templar untuk memusnahkan Assassin.

Para pemula mungkin bingung dengan kronologi game Assassin’s Creed, karena setiap seri baru, karakter serta eranya berbeda. Maka dari itu akan dijelaskan dengan urutan berdasarkan eranya, dan mengapa semuanya bisa berkaitan.

Baca juga: Anak 14 Tahun Berhasil Temukan Komponen Penyembuhan Covid-19

1.       Assassin’s Creed: Odyssey (2018)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Assassin’s Creed: Odyssey merupakan rilisan terbaru di dalam franchise utama Assassin’s Creed. Game ini berlatar belakang di Yunani Kuno, berfokus pada Perang Peloponnesia (431 – 404 SM) antara Athena dan Liga Peloponnesos yang dipimpin oleh Archidamia. Karakter yang dapat dimainkan adalah tentara bayaran bernama Alexios dan Kassandra, keduanya merupakan kakak beradik. Pemain dapat memilih salah satu dari kedua karakter tersebut dan menjalani misi dari kedua perspektif.

Untuk segmen modern, karakternya bernama Layla Hassan, yang diam-diam memodifikasi Animus-nya untuk memproses memori yang bukan leluhurnya. Dimulai dari Assassin’s Creed: Origin sampai Assassin’s Creed: Odyssey.

Tokoh-tokoh sejarah yang muncul di Assassin’s Creed: Odyssey adalah Hippocrates yaitu bapak kedokteran dan pelopor pengobatan modern; Pythagoras yaitu filsuf Yunani dan ahli matematika, namanya dikenal di dalam Teori Pythagoras; Sokrates yaitu filsuf Yunani, dia merupakan guru dari filsuf Yunani terkenal yaitu Plato.

2.    Assassin’s Creed: Origin (2017)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Latar belakang game ini adalah Mesir Kuno. Karakter utamanya adalah seorang Medjay, yaitu polisi paramiliter Mesir yang bertugas untuk mengintai gurun serta pelindung wilayah kepentingan Firaun sepanjang periode Kerajaan Lama, Tengah, dan Baru Mesir. Karakter ini bernama Bayek dan istrinya bernama Aya, tugas mereka adalah melindungi orang-orang Kerajaan Ptolemeus (305 – 30 SM) selama masa pergolakan yang meluas. Selama masa pergolakan, Bayek dan Aya berhubungan dengan kekuatan rahasia yang memanipulasi peristiwa ini sehingga menjadi Assassin pertama.

Maka dari itu Assassin’s Creed: Origin dianggap sebagai pelopor munculnya Assassin walaupun kejadiannya satu abad setelah Assassin’s Creed: Odyssey. Tokoh-tokoh sejarah yang muncul di Assassin’s Creed: Origin adalah Cleopatra yaitu firaun efektif terakhir Mesir, memerintah dari 51 – 30 SM; Ptolemy XIII yaitu firaun Mesir, yang memerintah bersama kakak perempuan dan istrinya, Cleopatra dari 51 SM sampai kematiannya; Julius Caesar yaitu jenderal Romawi terkemuka yang memperluas wilayah Republik Romawi di seluruh Eropa, sebelum menyatakan dirinya diktator seumur hidup.

3.    Assassin’s Creed (2007)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Assassin’s Creed (2007) merupakan game pertama yang diciptakan oleh Ubisoft. Karakter pertama yang mereka perkenalkan adalah Altaïr Ibn-La'Ahad, seorang Assassin di era yang disebut sebagai The Third Crusade (1189 – 1192), itu merupakan upaya para pemimpin Christendoms pada abad pertengahan untuk merebut kembali "Tanah Suci" Yerusalem.

Di segmen modern, karakternya bernama Desmond Miles, yang merupakan keturunannya di abad 21. Memori genetik Desmond digunakan untuk mencari suatu artefak yang diperebutkan oleh Assassin dan Templar. Artefak tersebut dikenal sebagai “Piece of Eden”.

4.    Assassin’s Creed II (2009), Assassin’s Creed: Brotherhood (2010), dan Assassin’s Creed: Revelations (2011)


     

Foto: Assassin’s Creed Wiki

Assassin’s Creed II, Assassin’s Creed: Brotherhood, dan Assassin’s Creed: Revelations berfokus pada keturunan Altaïr yang bernama adalah Ezio Auditore da Firenze. Ezio memiliki pengaruh yang besar terhadap Ordo Assassin. Karena usahanya, banyak kota di seluruh Eropa berada di bawah kendali dan pengaruh Assassin, mengantarkan sesuatu dari Zaman Keemasan di Eropa. Keturunannya terus mengambil peran utama dalam menjalankan Ordo selama hampir lima ratus tahun setelah kematiannya.

Selain itu, Ezio juga membantu Desmond Miles untuk mencari “Apple of Eden” yaitu bagian dari “Pieces of Eden”. “Apple of Eden” itu ditemukan oleh Ezio ketika dia mencari perpustakaan rahasia milik Altaïr.

Assassin’s Creed II dan Assassin’s Creed: Brotherhood berlatar di Italia pada era Renaissance (Abad 15 – 16) seperti Florence, Venesia, serta Roma. Sedangkan Assassin’s Creed: Revelations berlatar di Constantinople, ibu kota dari Kekaisaran Ottoman (1453 – 1923).

Tokoh-tokoh sejarah yang muncul di masa Ezio adalah Leonardo da Vinci yaitu seorang ahli anatomi, pembuat peta, pelukis, insinyur, dan ahli matematika Italia; Caterina Sforza yaitu adalah Countess of Forlì dan Imola; Pope Alexander VI yaitu kepala Gereja Katolik dari 11 Agustus 1492 sampai kematiannya.

5.    Assassin's Creed IV: Black Flag (2013)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Latar dari Assassin's Creed IV: Black Flag adalah era Golden Age of Piracy (1650 – 1730) di sekitar pulau-pulau Laut Karibia dengan tiga kota besar yaitu Nassau, Kingston, dan Havana.

Karakter utamanya adalah Edward Kenway, leluhur Desmond Miles dari sisi ayahnya. Edward merupakan seorang bajak laut asal Wales dan anggota Hindia Barat serta Persaudaraan Assassins Inggris. Dia merupakan ayah dari Haytham Kenway, seorang Templar dan kakek dari Ratonhnhaké:ton atau Connor Kenway, seorang Assassin.

Pada 2013, Abstergo Entertainment menugaskan seorang analis riset untuk mengeksplorasi ingatan genetik Edward yang akan digunakan sebagai rekaman video game, bernama Pirates of Nightmares.

Tokoh sejarah terkenal dalam Assassin's Creed IV: Black Flag adalah Blackbeard. Dia merupakan seorang kapten bajak laut Inggris yang terkenal berlayar di Hindia Barat dan pesisir timur koloni Amerika pada awal abad ke-18 menggunakan kapal Queen Anne's Revenge. Blackbeard menjadi salah satu penguasa kejahatan paling dihormati saat itu.

Baca juga : Potterheads Merapat! Informasi Mengenai Game Hogwarts Legacy

6.    Assassin's Creed: Rogue (2014)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Berbeda dengan game Assassin’s Creed lainnya, Assassin's Creed: Rogue menceritakan tentang seorang Assassin pindah menjadi Templar, bernama Shay Cormac. Sehingga pemain dapat melihat perspektif Templar untuk pertama kalinya.

Latar dari Assassin's Creed: Rogue adalah The Seven Years' War (1754 – 1763), yaitu konflik militer bersenjata global pertama antara beberapa negara di Eropa, terutama Inggris, Prancis, dan koloni mereka. Lokasi utamanya adalah Kota New York, Lembah Sungai Hudson, dan Atlantik Utara.

Tokoh sejarah terkenal dalam Assassin's Creed: Rogue adalah Benjamin Franklin. Dia merupakan salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat. Sealin itu, Benjamin Franklin adalah penulis terkemuka, politisi, dan ilmuwan.

7.    Assassin's Creed III (2012)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Latar Assassin’s Creed III adalah Perang Revolusi Amerika (1775 – 1783). Ratonhnhaké:ton atau Connor Kenway adalah karakter utama dari game ini. Connor merupakan setengah kaukasia dan setengah Native American. Dia membantu Revolusi Amerika untuk menyelamatkan suku Native America dari Ordo Templar.

Connor juga memiliki dalam membantu Desmond Miles, karena dia lah yang menyembunyikan kunci untuk Grand Temple. Itu merupakan kompleks yang dibuat oleh anggota Peradaban Pertama, dengan tujuan untuk menciptakan berbagai metode agar menyelamatkan dan melestarikan dunia.

Tokoh-tokoh sejarah yang terkenal dalam Assassin’s Creed III adalah George Washington yaitu Presiden pertama Amerika Serikat dari 30 April 1789 hingga 4 Maret 1797; Samuel Adams yaitu filsuf politik dan anggota kelompok Patriot Sons of Liberty selama Revolusi Amerika; Thomas Jefferson yaitu Presiden ketiga Amerika Serikat.

8.    Assassin’s Creed: Unity (2014)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Game ini kisah Arno Dorian, yang bergabung dengan Assassins untuk menyelidiki pembunuhan ayah angkatnya atas nama saudara perempuan angkatnya Élise de la Serre, seorang anggota Templar. Selain itu dia juga berusaha mengungkap korupsi di balik Revolusi Prancis. Latar dari Assassin's Creed: Unity ada di Paris di akhir abad ke-18, dengan dua area tambahan di Versailles dan Saint-Denis.

Tokoh-tokoh sejarah yang terkenal dalam Assassin’s Creed: Unity adalah Napoléon Bonaparte yaitu Kaisar Prancis dari 1804 hingga 1815 dan Jacques Roux yaitu seorang pendeta Katolik Roma radikal selama Revolusi Prancis.

9.    Assassin's Creed: Syndicate (2015)


Foto: Assassin’s Creed Wiki

Assassin's Creed: Syndicate menceritakan tentang dua saudara kembar bernama Jacob dan Evie Frye. Berbeda dengan Assassin's Creed: Odyssey yang memilih satu karakter untuk digunakan sampai akhir, Assassin's Creed: Syndicate saling bergantian antara kedua karakter selama permainan.

Jacob and Evie mengambil alih kejahatan terorganisir dalam upaya mengumpulkan tentara dan membebaskan London. Karena latar belakang game ini adalah saat Revolusi Industri di London abad 19 pada era Ratu Victoria, di mana banyak ketidaksetaraan dan kemiskinan di kota yang dikendalikan oleh para Templar.

Tokoh-tokoh sejarah yang terkenal dalam Assassin’s Creed: Syndicate adalah Karl Marx yaitu pendiri ideologi Marxisme; Alexander Graham Bell yaitu inovator Skotlandia yang dikreditkan dengan penemuan telepon praktis pertama; Charles Darwin yaitu seorang naturalis dan ahli geologi terkenal karena kontribusinya pada teori evolusi.

Baca juga : Cara Ganti Map di Among Us: The Skeld, Mira HQ atau Polus ?

(mm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler