Segera Hapus! 9 Aplikasi Berbahaya Ini Bisa Akses Akun Google Kamu

Teknologi.id . February 10, 2020
9 Aplikasi
Foto:PhoneArena

Teknologi.id - Trend Micro baru-baru ini mengumumkan laporan terbaru mereka tentang daftar malware di Play Store yang menargetkan pengguna Android.

Dilansir dari laman Gizchina, Senin (10/2/2020), Perusahaan keamanan siber asal Jepang ini menemukan total sembilan aplikasi Android palsu di Play Store mengandung malware. Parahnya, aplikasi ini sudah diunduh 470.000 kali.

Baca juga: Diam-diam Sengaja Bikin ‘Lemot’ iPhone Lawas, Apple Didenda Rp 374 Miliar

Malware ini disebut bersembunyi di dalam aplikasi seperti "Speed Clean" atau "Super Clean". Malware ini berpura-pura menjadi aplikasi yang mampu mengoptimalkan performa smartphone dengan membersihkan file-file yang tidak berguna.

Alih-alih mengoptimalkan performa smartphone, sembilan aplikasi ini justru akan mengunduh hingga 3000 malware ke smartphone yang terinfeksi.

Nah, melalui malware ini peretas bisa mengakses akun Google dan Facebook korban untuk menampilkan iklan dari platform yang sah, seperti Google AdMob atau Facebook Audience Network.

Nantinya, pelaku akan mensimulasikan klik terhadap iklan yang muncul untuk mendulang uang tanpa sepengetahuan korban.

Tak hanya itu, aplikasi-aplikasi palsu itu juga akan meminta pengguna memberi izin untuk menonaktifkan Play Protect, program keamanan di Google Play Store. Ini memungkinkan aplikasi untuk lebih banyak lagi mengunduh malware tanpa terdeteksi.

Baca juga: Saingi Play Store, Huawei-Xiaomi-Oppo-Vivo Bikin Toko Aplikasi Baru

Aplikasi itu diketahui punya cara licik untuk mendapatkan rating dan komentar yang bagus dengan menggunakan opsi aksesibilitas untuk mengirim komentar dan peringkat palsu ke Play Store.

Tujuannya agar banyak pengguna lain yang tertarik untuk mengunduhnya lantaran melihat rating dan komentar positif yang didapat aplikasi tersebut.

Aplikasi-aplikasi ini dilaporkan sudah dihapus Google dari Play Store. Namun tidak menutup kemungkinan, pembuat malware akan melanjutkan serangan dengan aplikasi palsu lainnya. Berikut daftar aplikasinya:

  1. Shoot Clean-Junk Cleaner, Phone Booster, CPU Cooler
  2. Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler
  3. Super Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & CPU Cooler
  4. Quick Games-H5 Game Center
  5. Rocket Cleaner
  6. Rocket Cleaner Lite
  7. Speed Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & App Manager
  8. LinkWorldVPN
  9. H5 gamebox

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya