Keamanan Meningkat, Kini Ponsel Android Lebih Sulit Dibobol daripada iPhone

Teknologi.id . February 05, 2020

Android iPhone

Foto: Fossbytes


Teknologi.id - Meski beberapa tahun belakangan iPhone selalu lebih unggul di sektor keamanan dibanding ponsel Android, namun baru-baru ini para penegak hukum di Amerika Serikat menyatakan sebaliknya.

Berdasar laporan Rex Kiser, detektif dari wilayah Texas, AS, menyebut bahwa ponsel dengan sistem operasi Android kini memiliki sistem keamanan yang lebih kuat dan sudah lebih sulit untuk dibobol dibandingkan dengan smartphone iOS.

"Setahun lalu, kami tidak bisa meretas iPhone tetapi bisa membobol semua perangkat Android. Sekarang, ada banyak perangkat Android yang tidak bisa kami bobol," ungkap Rex seperti dikutip dari Vice, Rabu (05/02/2020).

Baca juga: Pakai 99 Ponsel, Pria Ini Berhasil Bikin Kemacetan Palsu di Google Maps

Rex yang bertugas di bagian forensik digital di Kepolisian Fort Worth memang kerap melakukan pemeriksaan terhadap ponsel-ponsel milik pelaku kejahatan untuk kepentingan penyelidikan.

Rex mengungkap bahwa penegak hukum di Amerika Serikat saat ini menggunakan teknologi dari perusahaan bernama Cellebrite untuk membobol perangkat smartphone yang terenkripsi.

Alat yang dikembangkan Cellebrite disebut bisa membobol semua jenis iPhone, hingga iPhone X. Alat ini bahkan bisa mengumpulkan data seperti catatan GPS, pesan, log panggilan, kontak, hingga data dari aplikasi spesifik seperti Instagram, Twitter, LinkedIn dan lain-lain.

Namun teknologi Cellebrite saat ini diketahui tidak dapat digunakan untuk membobol smartphone Android seperti Google Pixel 2, Samsung Galaxy S9, hingga Huawei P20 Pro yang menjalankan versi Android terbaru.

"Beberapa sistem operasi yang lebih baru lebih sulit untuk didapatkan datanya," ungkap Rex.

Baca juga: Bos Tesla Buka Lowongan Kerja Divisi AI, Siapapun Boleh Daftar

Meskipun begitu, bila kalian memiliki ponsel Android yang disebutkan di atas, atau bahkan yang lebih baru seperti iPhone 11 Pro Max sekalipun, tidak berarti ponsel kalian benar-benar aman dari pembobolan.

Walau tidak bisa menggunakan Cellebrite, penegak hukum atau orang yang berniat jahat tetap bisa mengeruk data dari ponsel kalian, meski dengan proses yang lebih lama dan lebih sulit.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar