iPhone SE 2020 Dibongkar, 'Harga Asli'-nya Cuma Rp 3 Jutaan

Teknologi.id . May 15, 2020

iphone se indonesia

Foto: PhoneArena

Teknologi.id -  Kehadiran iPhone SE 2020 menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki iPhone dengan harga yang lebih "murah" dibanding iPhone keluaran baru lainnya.

Ya, meskipun didapuk sebagai 'iPhone murah', nyatanya harga iPhone SE yang dipatok mulai dari 399 dollar AS (Rp 6 jutaan) ini dirasa masih terlalu mahal bagi sebagian orang. Apalagi harga tersebut masih merupakan harga peluncurannya, belum termasuk pajak dan sebagainya, yang tentu akan membuatnya semakin mahal bila sudah sampai di Indonesia.

Namun, sebuah lab teknologi di Jepang bernama Fomalhaut membeberkan 'harga asli' iPhone SE 2020 setelah membongkar komponen demi komponennya yang ternyata jauh lebih murah. Diketahui 'harga asli' iPhone SE 2020 hanya sebesar 217 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta. Bila dijual dengan harga segitu tentunya banyak orang yang tidak berpikir dua kali untuk membelinya bukan?

Baca juga: Situs Apple Indonesia Tampilkan Foto iPhone SE, Pertanda Segera Rilis?

Harga segitu memang tidaklah mengejutkan. Karena meskipun ditunjang teknologi iPhone 11, yakni chipset Bionic A13, sebagian besar komponen yang digunakan iPhone SE 2020 merupakan material lama iPhone 8.

Dengan komponen dan bodi yang serupa dengan iPhone 8, Apple tentunya juga tidak perlu repot mengeluarkan dana untuk riset dan pengembangan perangkat.

Dari laporan Fomalhaut Techno Solutions, tanpa menghitung chipset Bionic A13, ongkos perakitan iPhone SE 2020 disebut lebih rendah 18 persen bila dibanding iPhone 8 yang dirilis beberapa tahun lalu.

Estimasi efektivitas ongkos perakitan iPhone SE 2020 terhadap iPhone 8.


Baca juga: Dark Mode Facebook Kini Bisa Dipakai Seluruh Pengguna, Begini Caranya

Biaya perakitan yang lebih murah juga dipengaruhi oleh beberapa komponen iPhone SE 2020 dan iPhone 8 yang saling kompatibel, seperti layar, kamera, slot kartu SIM, mesin Taptic, dan speaker. 

Hal tersebut membuat pengguna lebih mudah melakukan perbaikan karena spare part yang cukup tersedia dan biayanya pun tidak akan semahal lini iPhone baru.

Meski begitu, ada beberapa komponen yang tidak kompatibel juga, seperti konektor baterai yang sudah menggunakan komponen baterai yang sama seperti lini iPhone 11.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar