Huawei P40 Pro, Flagship Terbaik dengan Kamera Ciamik

Teknologi.id . June 29, 2020

Foto: Digital Trends

Teknologi.id - Huawei P40 Pro merupakan salah satu varian flagship terbaik Huawei yang hadir di Indonesia bersama dengan dua 'saudaranya', Huawei P40 dan Huawei P40 Pro Plus.

Dibanderol seharga Rp 14 jutaan di Indonesia, Huawei P40 Pro memiliki desain yang cantik, solid dan berkelas. Bagian layarnya yang penuh, membuatnya nyaris tanpa bezel, melengkung di keempat sisi termasuk di atas dan bawah.

Sama seperti pendahulunya Huawei P30 Pro, Huawei P40 Pro juga mengandalkan kamera ciamik dengan dukungan lensa Leica yang diberi peningkatan lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Mirip MacBook Air, Ini Dia Keunggulan dari Huawei MateBook 13

Layar Huawei P40 Pro mengusung ukuran 6,58 inci panel OLED dan menyajikan refresh rate 90Hz serta HDR10. Cukup nyaman untuk memainkan game mobile terkini yang punya kualitas grafis mumpuni. 



Foto: Independent.ie


Di sisi bagian bawah terdapat grill speaker, port USB-C dan slot kartu SIM yang tetap mengusung single SIM model Nano-SIM atau eSIM. Jadi tidak tersedia dukungan MicroSD karena Huawei P40 Pro hanya mendukung nano Memory.

Sementara di bagian belakang, bahan kaca dengan permukaan doff menjadi material utamanya. Terdapat 4 buah kamera utama di bagian belakang yang disusun merapat ke sisi kiri atas smartphone. Sektor kamera inilah yang menjadi andalan Huawei untuk bersaing dengan flagship-flagship lainnya.


Foto: Tech Radar


Kamera Leica

Menggunakan lensa yang dinamai Ultra Vision Leica Camera System, kamera utama Huawei P40 Pro terdiri dari kamera wide 50MP setingkat lensa 23mm f/1.9 dengan OIS, kamera ultra wide 40MP setara lensa 18mm f/1.8, kamera telephoto dengan lensa periskop 125mm f/3.4 dan OIS yang mampu melakukan perbesaran gambar alias zooming hingga 5x secara optikal, 10x hybrid zoom dan 50x digital zoom, serta sebuah ToF Camera untuk menentukan jarak yang akurat antara obyek dengan latar belakang gambar.

Foto: Gizmologi

Di samping itu, ada kamera selfie ganda di bagian depan dengan desain punch hole. Terdiri dari kamera wide 32MP dan sebuah kamera IR Depth yang dapat menghasilkan efek bokeh yang natural.

Untuk perekaman video, kamera belakangnya mendukung resolusi 4K di 30/60fps dan 1080p di 30/60fps. Tidak ketinggalan kemampuan ini juga dilengkapi fitur HDR dan sensor gyroscope serta EIS sehingga menjadikan kualitas videonya patut diacungi jempol.

Chipset 5G

Di sektor dapur pacu, Huawei P40 Pro mengombinasikan GPU Mali-G76 dengan chipset Kirin 990 5G yang memiliki 4 inti Cortex-A55 dengan clock speed hingga 1.95GHz untuk bekerja di hampir segala kondisi.

Sementara, untuk kapasitas RAM dan memori internalnya, Huawei P40 Pro dibekali RAM 8GB dan memori internal 256GB, yang tentunya sudah sangat cukup untuk bersaing dengan deretan flagship kompetitor.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui WhatsApp Diblokir Seseorang

Untuk dukungan dayanya sendiri, Huawei P40 Pro dibekali baterai yang lumayan besar berkapasitas 4.200 mAh. Pengujian menggunakan simulasi dari aplikasi PCMark Work 2.0 Battery for Android menunjukan daya tahannya bisa mencapai 15 jam 6 menit, mengungguli beberapa flagship merek lain.

Huawei P40 Pro sudah menggunakan sistem operasi Android 10 yang dipadu dengan antarmuka EMUI 10.1. Meskipun begitu, dampak pemblokiran Huawei oleh pemerintah Amerika Serikat, mengharuskan Huawei P40 Pro hadir tanpa dibekali Google Mobile Service.

Sebagai gantinya, Huawei membekalinya dengan Huawei Mobile Service (HMS) yang baru saja dikembangkannya. Meski belum bisa dibilang sepenuhnya berhasil, HMS kini telah mendapat lebih banyak dukungan. Sejumlah aplikasi yang membutuhkan “jabat tangan” dengan sistem keamanan, semisal aplikasi perbankan lokal, kini telah tersedia melalui Huawei App Gallery.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya