Bill Gates Lebih Suka Android Daripada iPhone, Ini Alasannya

Teknologi.id . February 28, 2021

Foto: MacRumors

Teknologi.id - Pada pekan ini, Bill Gates bergabung di Clubhouse untuk mempromosikan buku terbarunya "How to Avoid a Climate Disaster: The Solutions We Have and the Breakthroughs We Need". Dalam wawancara dengan jurnalis Andrew Ross Sorkin, ia membicarakan berbagai topik, salah satunya yaitu ponsel yang ia gunakan saat ini.

Lantas, manakah yang lebih disukai Bill Gates, Android atau iPhone? Ternyata, pendiri Microsoft ini lebih suka smartphone Android.

"Mereka (Android) lebih fleksibel dalam menghubungkan software dengan sistem operasi. Inilah yang membuat saya jadi terbiasa (dengan Android)," ujar Gates dikutip dari laman Android Authority, Minggu (28/2/2021). 

Baca juga: NASA Siapkan 7 M Bagi yang Temukan Cara Beri Makan Astronot

Selain itu, Gates merasa dimudahkan dengan Android karena beberapa pabrikan memberikan aplikasi Microsoft secara bawaan, walaupun sebenarnya aplikasi-aplikasi Microsoft juga bisa diunduh dari toko aplikasi App Store di iOS. 

Ironisnya, wawancara tersebut dilakukan di Clubhouse, media sosial berbasis audio yang baru-baru ini booming dan baru tersedia di iOS. Gates pun mengungkapkan bahwa dia juga menggunakan iPhone meski lebih menyukai Android.

"Karena saya ingin mengikuti perkembangan zaman, saya juga sering bermain-main dengan iPhone, namun ponsel yang sering kali saya bawa adalah ponsel berbasis Android," ungkap Gates. 

Salah satu pendiri Clubhouse, Paul Davison, yang sempat nimbrung dalam wawancara tersebut mengatakan bahwa pengembangan aplikasi Clubhouse versi Android menjadi prioritas utama pihaknya saat ini.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di HP Android

Sebagai informasi, dalam sebuah wawancara pada tahun 2019, Gates pernah mengaku bahwa kalahnya Microsoft terhadap Android untuk menjadi platform non-Apple merupakan kesalahan terbesar sepanjang masa bagi perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington tersebut.

Tapi saat persaingan antara Windows Mobile, Android dan iOS dimulai, Gates memang bukan menjadi pemimpin Microsoft. Saat itu Steve Ballmer yang menjabat sebagai CEO Microsoft dari tahun 2000 sampai 2014.

Saat memimpin Microsoft, Ballmer pernah meremehkan iPhone. Tapi akhirnya Windows Mobile tidak bisa menyaingi Android atau iOS dan pengembangannya dihentikan pada 2017.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler